Kasatgas  Covid-19: PPKM MIkro Terbukti Efektif Kendalikan Lonjakan  Covid-19

Raka Dwi Novianto · Selasa, 22 Juni 2021 - 00:26:00 WIB
Kasatgas  Covid-19: PPKM MIkro Terbukti Efektif Kendalikan Lonjakan  Covid-19
Kasatgas Covid-19 Ganip Warsito (Foto: BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Satgas  Covid-19 Letjen Ganip Warsito menyebut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro dinilai efektif dalam lonjakan kasus Covid-19. Kebijakan itu lebih sesuai dibandingkan lockdown.

Hal itu menanggapi, adanya masukan dari sejumlah pihak agar pemerintah segera menerapkan kembali kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau lockdown.

"Sekarang berkembang pertanyaan-pertanyaan atau bahkan petisi kepada Presiden untuk melaksanakan PSBB ataupun lockdown di suatu daerah. Sebenarnya, konsep lockdown, karantina wilayah atau pun PPKM mikro, ini semua sudah pernah kita coba mulai dari pertama pandemi, sudah pernah kita coba," ujar Ganip yang disiarkan kanal YouTube Pusdalops BNPB, Senin (21/6/2021).

Ganip menjelaskan, subtansi dari lockdown, PPKM ataupun PSBB adalah penegakan prokes dan pengendalian mobilitas masyarakat. "Nah kalo kita melakukan PSBB dampak sosial ekonominya termasuk keamanan ini juga akan implikasinya terlalu besar. Maka secara kegiatan itu sudah evaluasi mulai dari PSBB diubah jadi PPKM, kemudian sudah yang ke 12 kali kita melakukan PPKM Mikro," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2