Kasus Kekerasan Seksual Banyak Dilakukan Ayah, Ini Kata Kemen PPPA

Carlos Roy Fajarta ยท Minggu, 15 Mei 2022 - 07:40:00 WIB
Kasus Kekerasan Seksual Banyak Dilakukan Ayah, Ini Kata Kemen PPPA
Ilustrasi kekerasan seksual (Foto: Ilustrasi/Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyayangkan terjadinya kasus kekerasan seksual yang dilakukan ayah, baik ayah kandung maupun ayah tiri terhadap anaknya. Kasus kekerasan seksual ayah kepada anak terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Sejumlah kasus kekerasan seksual oleh ayah terungkap baru-baru ini di antaranya di Batubara dan Pematangsiantar, Sumatera Utara; Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan dan Kukar, Kalimantan Timur.

Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kemen PPPA, Agustina Erni menyebut adanya kekerasan seksual oleh ayah membuktikan masih terjadinya pengasuhan yang tidak layak kepada anak. Orang tua atau keluarga dinilai tidak siap dalam mengasuh, mendidik, dan mendampingi anak secara bersama-sama di rumah. 

“Hal ini mengakibatkan perubahan tingkah laku dalam proses pengasuhan melalui penegasan disiplin terhadap anak dengan cara membentak, berteriak, memukul, dan memarahi, bahkan ironisnya ada yang memerkosa anaknya sendiri,” ujar Erni dikutip dari keterangannya, Minggu (15/5/2022).

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: