Kasus Mafia Tanah Keluarga Dino Patti Djalal, Berkas Diserahkan ke Kejaksaan

Carlos Roy Fajarta ยท Selasa, 13 April 2021 - 03:37:00 WIB
Kasus Mafia Tanah Keluarga Dino Patti Djalal, Berkas Diserahkan ke Kejaksaan
Dino Patti Djalal (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Polda Metro Jaya menyerahkan berkas kasus mafia tanah ibunda mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal ke Kejaksaan Tinggi DKI, Senin (12/4/2021).

Berkas tersangka atas nama FK, LM, Ar, Ag, NK, serta enam lainnya dinyatakan lengkap atau P21 oleh Kejati DKI dan dilimpahkan.

Subdit Harta dan Benda Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap 11 pelaku kasus mafia sertifikat tanah yang merugikan ibunda Dino Patti Djalal, Zurni Hasyim Djalal.

Kepala Sub Direktorat Harta dan Benda Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Dwiasi Wiyatputera mengatakan, para tersangka diduga melakukan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan dan atau pemalsuan dan atau menempatkan keterangan palsu ke dalam akta otentik dan atau pencucian uang, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 263 KUHP dan atau Pasal 266 KUHP dan atau Pasal 3,4,5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencegahan dan Pemberantasan Pencucian Uang yang terjadi sejak April 2019 di Jakarta Selatan.

"Kasus terungkap pada Januari 2021, saat kuasa hukum Fredy Kusnadi datang ke rumah pelapor, Yurmisnawita, untuk memproses balik nama Sertifikat Hak Milik (SHM) Nomor 8516/Cilandak Barat milik pelapor menjadi miliki Fredy Kusnadi," ujar Dwiasi.

Namun Yurmisnawita tidak pernah menjual rumah tersebut. Pelapor kemudian meminta tolong sepupunya, Dino Patti Djalal, untuk mengecek ke sertifikat kantor BPN Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Yurmisnawita dipercayakan oleh pemilik asli rumah, Zurni, untuk mengurus proses jual beli rumah ataupun sewa rumah dikarenakan kesibukan dia yang sering ke luar negeri.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2