Kejagung Akan Tangani 2 Jaksa yang Ditangkap KPK

Ilma De Sabrini ยท Minggu, 30 Juni 2019 - 00:10 WIB
Kejagung Akan Tangani 2 Jaksa yang Ditangkap KPK

Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Kejaksaan Agung (Kejagung) Jan S Maringka mengenakan batik warna coklat dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif mengenakan kemeja warna biru, Jakarta, Sabtu (29/6/2019). (Foto: iN

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap lima orang dalam kasus dugaan suap penanganan perkara di Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada Jumat (28/6/2019). Lima orang itu, dua pengacara, yakni SSG (Sukiman Sugita) dan AVS (Alvin Suherman).

Kemudian, dari swasta RSU (Ruskian Suherman), Kasubsi Penuntutan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta YHE (Yadi Herdianto) dan Kasi Kamnegtibum TPUL Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta YSP (Yuniar Sinar Pamungkas).

"Dua jaksa akan ditangani pendalaman lebih lanjut oleh Kejaksaan. Mekanisme pengawasan maupun mekanisme etik, mekanisme penanganan perkara kita kenal dalam istilah penyelidikan tentunya kita bisa lakukan itu," ujar Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Kejaksaan Agung (Kejagung) Jan S. Maringka dalam konferensi pers di Kantor KPK, Jakarta Selatan, Sabtu (29/6/2019).

BACA JUGA:

KPK Duga Aspidum Kejati DKI Agus Winoto Terima Rp200 Juta

Ini Konstruksi Hukum 3 Tersangka Dugaan Suap Penanganan Perkara di PN Jakbar

Dia mengatakan, segera menerbitkan surat perintah penyelidikan terhadap dua jaksa tersebut. Dia berharap publik tidak meragukan integritas Kejagung dalam menangani dua jaksa itu.

"Kita akan akan terbitkan surat perintah penyelidikannya pada hari kerja dan percayalah karena kita sudah beritikad baik mendukung sepenuhnya termasuk penangkapan," ucapnya.

Dalam kasus ini KPK menetapkan tiga tersangka, yaitu AVS (Alvin Suherman) dan SPE (Sendy Perico) yaitu pihak yang berperkara diduga sebagai pemberi. Kemudian AWN, (Agus Winoto) yaitu Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta diduga sebagai penerima.


Editor : Kurnia Illahi