Kemenag: Mayoritas Masyarakat Lebih Religius sejak Pandemi Covid-19

Widya Michella ยท Kamis, 22 Juli 2021 - 08:27:00 WIB
Kemenag: Mayoritas Masyarakat Lebih Religius sejak Pandemi Covid-19
Kemenag merilis survei yang menunjukkan tingkat ketaatan bergama masyarakat meningkat selama pandemi Covid-19 (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid 19 membuat tingkat ketaaatan beragama secara umum naik sebesar 81 persen. Hasil itu didapatkan dari survei yang dilakukan Kementerian Agama (Kemenag). 

"Survei kita lakukan secara daring, pada 8-17 Maret 2021. Ditemukan, mayoritas responden merasa semakin religius (taat beragama) sejak mereka mengalami/menjalani pandemi Covid-19. Nilainya mencapai 81 persen," kata Kepala Balitbangdiklat Kemenag, Achmad Gunaryo pada survei tentang Urgensi Layanan Keagamaan di Masa Pandemi seperti dikutip pada laman Kemenag, Kamis (22/7/2021).

Lalu juga ditemukan sebanyak 97 persen responden yang merasa keyakinan/keberagamaan secara psikologis dapat membantu dalam menghadapi Pandemi Covid-19 dan dampaknya. Hal ini dikarenakan masih sedikitnya layanan konsultasi psiko-spiritual (psikologi keagamaan) yang tersedia.

"Menurut teori, dalam situasi krisis, seperti pandemi Covid-19 ini, ketika orang mengalami ketakutan, penderitaan, atau penyakit  sering mengalami pembaruan spiritual," tuturnya.

Sebanyak 1.550 responden dikerahkan untuk survei daring ini yang terdiri dari para penderita covid-19, penyitas dan masyarakat di 34 Provinsi di Indonesia. "Dengan Metode Accidental sampling (non-probabilitas), temuan hanya berlaku bagi responden. Selanjutnya dilakukan pengumpulan informasi kualitatif, dengan mewawancara per telepon 20 informan terpilih," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq