Kemendikbud Optimistis Belajar Tatap Muka di Indonesia Berhasil

Dita Angga ยท Kamis, 08 April 2021 - 22:38:00 WIB
Kemendikbud Optimistis Belajar Tatap Muka di Indonesia Berhasil
Pelaksanaan sekolah tatap muka (Foto: iNews/Muzakir)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendorong terselenggaranya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah meski sejumlah negara gagal melaksanakannya. Belajar tatap muka tetap diselenggarakan dengan berjalannya vaksinasi bagi guru dan tenaga kependidikan. 

Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud Jumeri menjelaskan, belajar tatap muka si Indonesia harus dilakukan. Meski, negara yang lebih maju dalam pengelolaan pendidikan dan penanganan pandemi terbilang gagal menyelenggarakan PTM.

Empat negara yang telah melangsungkan PTM diantaranya India, Malaysia, Belgia dan Inggris. Keempatnya terbilang gagal menjalankan PTM sebab munculnya potensi kasus penularan Covid-19 akibat longgarnya aturan protokol kesehatan di dalam kelas.

"Kenapa Kemendikbud pede, kok berani-beraninya mengumumkan menginisasi tatap muka. Dengan kondisi pembelajaran kita saat ini, orang sering mengatakan Kemendikbud gagal Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)," kata Jumeri diskusi virtual, Kamis (8/4/2021).

Artinya keberanian Kemendikbud dilandasi oleh penyelenggaran yang tidak maksimal. Menurut Jumeri, terjadi kesenjangan akses pendidikan selama pembelajaran jarak jauh yang telah berlangsung lebih dari satu tahun terakhir.

"Kita melihat kesenjangan sangat tinggi antara kelompok yang punya fasilitas dan tidak punya fasilitas terjadi jurang realita," kata dia.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2