Kemenhub Periksa Kelayakan Kendaraan Jelang Natal dan Tahun Baru

Rahma Sari ยท Senin, 11 Desember 2017 - 20:12 WIB
Kemenhub Periksa Kelayakan Kendaraan Jelang Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi dialog tentang kesiapan pengamanan Natal 2017 dan Tahun baru 2018. (Foto: iNews/Rahma)

JAKARTA, iNews.id - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meningkatkan pemeriksaan kelayakan kendaraan (ramp check) jelang Natal dan Tahun Baru 2018. Pemeriksaan dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Irjen Pol Budi Setiyadi mengungkapkan, ramp check untuk menjamin keamanan penumpang dan juga pengguna jalan lainnya.

"Hari Minggu kemarin kita laksanakan secara masif di seluruh kabupaten kota di seluruh Indonesia. Sudah ada instruksi dari pak menteri untuk melajukan ramp check bersamaan, khususnya kendaraan barang," ucapnya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (11/12/2017).

Menurut Budi, pihaknya menemukan adanya pelanggaran sebanyak 60 persen dari 800 kendaraan yang diperiksa. Dia mengatakan, kendaraan yang tak memenuhi persyaratan harus melakukan perbaikan jika ingin digunakan sebagai angkutan saat Natal dan tahun baru.

"Pelanggaran kebanyakan administrasi saja, misalnya kartu pengawasan sudah mati. Menyangkut masalah rem yang tidak berfungsi baik, lampu sein yang tidak berfungsi baik itu harus diperbaiki," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Angkutan dan Multimoda Cucu Mulyana mengungkapkan, uji kelayakan terhadap sarana dan prasarana transportasi sebelum periode Natal 2017 dan tahun baru akan berlangsung pada 14 hingga 20 November.

"Target AKAP (antarkota antarprovinsi) 12.000 kendaraan yang diperiksa dan bus pariwisata 2.000 kendaraan," ucapnya.

Sementara itu menyambut Natal dan tahun baru Ditjen Perhubungan Darat juga mengadakan program mudik gratis bagi warga Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) yang ingin menikmati libur Natal dan tahun baru 2018. Sebanyak 50 buah bus disiapkan untuk menunjang program liburan akhir tahun yang sanggup menampung sekitar 2.500 penumpang.

Dirjen Perhubungan Darat Irjen Pol Budi Setiyadi mengungkapkan, pendaftaran program mudik gratis tersebut dibuka sejak 11 hingga 20 Desember mendatang. Rencananya rombongan akan diberangkatkan pada 23 Desember di Taman Impian Jaya Ancol.

"Pendaftaran sekarang dibuka, tujun Semarang, Solo dan Jogja," ungkapnya.

Bagi warga yang tertarik Budi mengarahkan untuk segera mendaftarkan diri melalui website www.mudikgratis.dephub.go.id. Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah syarat yang harus ditunjukkan para calon peserta mudik gratis natal dan tahun baru.

"Karena terbatas begitu pendaftaran dibuka dan kuota terpenuhi akan ditutup," ucapnya.


Editor : Achmad Syukron Fadillah