Keunggulan KCR 60 Meter yang Baru Diluncurkan Menhan Prabowo, Miliki Daya Gempur Mematikan

Kurnia Illahi · Senin, 06 Desember 2021 - 06:50:00 WIB
Keunggulan KCR 60 Meter yang Baru Diluncurkan Menhan Prabowo, Miliki Daya Gempur Mematikan
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meluncurkan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 Meter yang kelima, Minggu (5/12/2021). (Foto: Dok. Kemhan).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meluncurkan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 Meter yang kelima, Minggu (5/12/2021). KCR 60 Meter merupakan salah satu produk alutsista yang keseluruhan proses rancang bangun dilakukan oleh PT PAL Indonesia (Persero). 

Dalam acara yang digelar di Ship Lift Divisi Kapal Perang PT PAL, Surabaya, Jawa Timur tersebut turut hadir Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Direktur Utama PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod. 

"Tanpa kekuatan maritim yang kuat, tidak mungkin negara kita kuat. Dengan juga ditopang dengan industri pertahanan yang kuat agar kita menjadi negara yang mandiri," ujar Prabowo dalam keterangannya, Minggu (5/12/2021).

Sebelumnya PT PAL Indonesia (Persero) telah membangun tiga unit platform KCR 60 Meter yang merupakan bagian dari proyek pembangunan batch #1, yaitu KRI Sampari-628, KRI Tombak-629 dan KRI Halasan-630. 

Dilansir dari laman PT PAL Kapal KCR 60 Meter memiliki panjang 60 meter, lebar 8,10 meter. Kapal tersebut mampu mengakomodasi kru sebanyak 55 orang. Kapal tersebut memiliki berat 500 ton dan dapat melaju dengan kecepatan maksimal 28 knot pada kondisi full load serta endurance lima hari.

Kemudian, kapal tersebut memiliki jarak jelajah 2.400 Nm pada kecepatan 20 knot. Fungsi utama kapal KCR, yaitu pengamanan wilayah maritim dan sangat relevan dengan karakteristik geografi Indonesia

Kapal KCR masuk dalam kategori Offshore Patrol Vessel (OPV) yang memiliki kemampuan manuver lincah, mampu bergerak secara cepat serta dapat digunakan untuk melakukan pengejaran terhadap kapal asing yang melanggar wilayah teritorial. 

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: