Kian Mesra, Airlangga Hartarto ke Jepang Bertemu Petinggi Partai Demokrat Liberal

Rizal Bomantama · Jumat, 29 Juli 2022 - 13:47:00 WIB
Kian Mesra, Airlangga Hartarto ke Jepang Bertemu Petinggi Partai Demokrat Liberal
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bertemu dengan sejumlah pimpinan teras partai yang berkuasa di Jepang, Partai Demokrat Liberal (LDP). Antara lain Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto baru saja melakukan kunjungan ke Jepang. Airlangga yang didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan berbagai pertemuan, tidak hanya dengan tokoh-tokoh ekonomi akan tetapi juga politik.

Dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bertemu dengan sejumlah pimpinan teras partai yang berkuasa di Jepang, Partai Demokrat Liberal (LDP). Mereka antara lain Fumio Kishida, Taro Kono, dan Tatsuo Fukuda.  

Fumio Kishida merupakan Chairman LDP sekaligus Perdana Menteri Jepang saat ini yang menggantikan Yoshihide Suga. 

Kishida terpilih sebagai pemimpin tertinggi LDP setelah mengungguli Taro Kono. Dalam kesempatan ini, Airlangga mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Selanjutnya, pertemuan antara Airlangga dan Fumio Fukuda membahas hubungan antara LDP dengan Partai Golkar. Golkar selama ini memiliki kedekatan khusus dengan LDP, partai yang secara turun temurun dikuasai oleh keluarga dari para politikus ternama di Jepang. 

Pasca Shinzo Abe dan Yoshihide Suga, LDP terus memimpin pemerintahan Jepang melalui PM Fumio Kishida. Golkar saat ini juga berada di pemerintahan. 

Pertemuan antara Airlangga dan Fumio Fukuda berlangsung akrab. Di samping karena pertemanan, baik keduanya secara pribadi tentunya juga dipengaruhi faktor kepartaian dan hubungan antarpemerintah.

Sejumlah kesepakatan juga dicapai dalam pertemuan dengan Tatsuo Fukuda, pemimpin LDP yang juga anggota parlemen. Tatsuo, yang kakek serta ayahnya mantan PM yakni Takeo Fukuda dan Yasuo Fukuda bertemu Airlangga dengan didampingi dua pembantu utamanya, Arata Takebe dan Shimono Rokuta dari Kementerian Agriculture, Forestry, and Fisheries.

Airlangga juga bertemu dengan Taro Kono, salah satu tokoh senior LDP yang pernah memegang tiga posisi menteri dan kandidat PM. Kono pernah menjadi menlu, menteri pertahanan, dan terakhir menteri urusan vaksin. 

Kono dipercaya akan memimpin pemerintahan sebagai pengganti Yoshihide Suga yang mengundurkan diri walau akhirnya secara tak terduga dia harus mengakui keunggulan Fumio Kishida dalam pemilihan Presiden LDP pada September 2021. 

Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan dengan Kono yang juga dipercaya sebagai jubir LDP. Ketua Umum Golkar menjelaskan, di antara yang dibahas adalah rencana pertukaran pemuda LDP dan Pemuda Golkar yang akan ditindaklanjuti melalui Golkar Institute. 

"Kami juga membahas berbagai masalah terkait isu geopolitik global dan Indo Pasifik," tutur Airlangga Hartarto.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda