Kominfo Tak Sesuai Kesepakatan DPR, Nurul Arifin: STB Tak Gratis, ASO Harus Ditunda

Kurnia Illahi ยท Minggu, 01 Agustus 2021 - 11:48:00 WIB
Kominfo Tak Sesuai Kesepakatan DPR, Nurul Arifin: STB Tak Gratis, ASO Harus Ditunda
Anggota Komisi I DPR Nurul Arifin. (Foto: Instagram).

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) diminta konsisten melaksanakan kesepakatan dengan DPR. Kesepakatan tersebut membagikan Set Top Box (STB) gratis bila akan menghentikan siaran TV analog ke TV digital atau Analog Switch Off (ASO).

Anggota Komisi I DPR Nurul Arifin meminta agar ASO ditunda jika kesepakatan itu belum dilaksanakan. Dia mengingatkan, agar Kemkominfo jangan merebut kebahagiaan masyarakat dengan mematikan begitu saja TV analog dan memaksa mereka membeli STB, alih-alih memberikannya secara gratis. 

"Sebaiknya program ini ditunda dulu sampai reda pandemi. Atau kalau memang harus pindah saat ini, maka STB harus dibagikan secara gratis,” ujar Nurul di Jakarta, Sabtu (31/7/2021).

Dia menuturkan, Kemkominfo yang meminta masyarakat untuk membeli STB bersertifikat dan melihatnya diaplikasi SIRANI (tersedia di android dan iOS) atau di www.siarandigital.kominfo.go.id, menunjukkan niat mereka yang tidak tulus kepada masyarakat. 

“Jangan mengambil keuntungan di tengah kesulitan yang sedang dihadapi rakyat. Masih ada waktu sampai tahun depan untuk merealisasikan program transisi analog ke digital. Saya minta hal ini jadi perhatian kita bersama,” tuturnya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2