Kondisi Memprihatinkan Gubuk Qur'an, Santri Terpaksa Belajar Berdesakan

iNews.id · Senin, 23 Mei 2022 - 21:20:00 WIB
Kondisi Memprihatinkan Gubuk Qur'an, Santri Terpaksa Belajar Berdesakan
Kondisi dua Gubuk Qur’an di Kediri sangat memprihatinkan, padahal dipakai belajar puluhan santri setiap hari (Foto: ACT)

KEDIRI, iNews.id – Dua Gubuk Qur’an berukuran 6x2 meter dan 3x3 meter persegi berdiri di pekarangan belakang rumah Ustaz Heri di Desa Bogo Kidul, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Gubuk terbuat dari bambu itu setiap hari digunakan sebagai tempat mengaji sekitar 40 santri.

Kehadiran Gubuk Qur’an tersebut merupakan wujud keinginan warga sekitar untuk memiliki tempat mengaji Alquran bagi anak-anak mereka. Namun, kondisi gubuk setiap harinya semakin memprihatinkan. 

Beberapa kali bambu yang menjadi fondasi terlepas dan lapuk. Guna memperbaiki gubuk, Ustaz Heri merogoh kantong pribadi. 

"Tidak dipungut biaya untuk para santri. Kami hanya berharap semoga banyak anak yang ingin belajar Alquran di sini, terutama anak-anak putus sekolah akibat ekonomi keluarga," ujar Ustaz Heri. 

Sempitnya gubuk mengakibatkan anak-anak harus mengaji bergantian dan berdesakan. Saat hujan deras disertai angin, pengajian terpaksa dihentikan karena air masuk.

“Mau bangun yang lebih layak dan gede, tapi belum ada biaya,” ucapnya.

Yanuar dari tim ACT Kediri mengatakan, selain bangunan yang sudah tidak memadai untuk belajar Alquran, kekurangan tenaga pengajar juga menjadi hambatan Ustaz Heri dalam melaksanakan pengajian. Saat ini Ustaz Heri hanya dibantu sang istri untuk mengajar.

“Beberapa faktor sulit mencari guru ngaji tambahan itu pertama karena orang di sekitar situ (Gubuk Qur’an) belum ada yang mampu mengerti Alquran. Kedua enggak digaji," jelasnya.

Melihat kondisi Gubuk Qur’an ini, ACT Kediri mengajak Sahabat Dermawan turut serta berinvestasi akhirat dengan membantu pembangunannya. Tim ACT Kediri berusaha mewujudkan rumah tahfidz yang nyaman dan aman untuk para santri Gubuk Qur'an.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: