KPK Diminta Usut Motif Pengusaha Rahmat Pertemukan Pinangki dengan Djoko Tjandra

Antara ยท Kamis, 24 September 2020 - 03:09 WIB
KPK Diminta Usut Motif Pengusaha Rahmat Pertemukan Pinangki dengan Djoko Tjandra

Ilustrasi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Foto:Antara)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta mengungkap detail pertemuan Jaksa Pinangki Sirna Malasari dengan Djoko Tjandra di Kuala Lumpur, Malaysia. Terutama, terkait motif pengusaha, Rahmat mengantarkan Pinangki bertemu Djoko Tjandra.

Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengatakan, motif Rahmat untuk mau mengantar seorang Jaksa bertemu koruptor kasus cessie Bank Bali itu patut ditelusuri karena belum terungkap secara terang-benderang.

"(Pertemuan) itu tidak tergambar apakah Pinangki itu yang mengajak R (Rahmat) untuk bertemu Djoko Tjandra atau R yang mengajak Pinangki ketemu Djoko Tjandra," ujar Boyamin di Jakarta, Kamis (24/9/2020).

Dia menilai tidak mudah seorang Pinangki untuk bertemu Rahmat dan meminta Rahmat mengantar dia jika Rahmat tidak yakin pada kepiawaian Pinangki untuk mengurus fatwa bebas ke Mahkamah Agung (MA).

Sementara, kata dia status Pinangki bukan pejabat tinggi Kejaksaan Agung (Kejagung). Menurutnya, Rahmat juga pasti menolak mengantarkan Pinangki jika melihat status jabatannya saat itu.

"Membantu bebas itu kan tidak gampang karena konteksnya urusan fatwa. Lah fatwa itu kan (urusan) lembaga, pimpinan Kejagung yang meminta kepada pimpinan MA," ucapnya.

Rahmat, dalam penyidikan di Kejagung disebut sebagai salah satu saksi penting dalam pengungkapan skandal hukum terpidana Djoko Tjandra. Rahmat, seorang pengusaha Indonesia pertama kali membawa Pinangki bertemu Djoko Tjandra di Kuala Lumpur, Malaysia.

Editor : Kurnia Illahi