KPK Minta Kepala Otorita Selalu Laporkan Perkembangan Pembangunan IKN Nusantara

Ariedwi Satrio ยท Senin, 21 Maret 2022 - 14:50:00 WIB
KPK Minta Kepala Otorita Selalu Laporkan Perkembangan Pembangunan IKN Nusantara
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata saat bertemu dengan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono di Gedung Merah Putih. (Foto dok KPK).

JAKARTA, iNews.id  - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata menitipkan pesan untuk Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono. Pesannya, Bambang diminta untuk bisa melaporkan setiap informasi perkembangan pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

"Kami prinsipnya siap mendukung, mengawal dan mencegah terjadinya penyimpangan yang dapat mengakibatkan tindak pidana korupsi," kata Alexander Marwata saat bertemu dengan Bambang Susantono di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (21/3/2022).

Alex, sapaan akrab Alexander Marwata menekankan KPK siap mendukung dan mengawal proses pelaksanaan pembangunan IKN Nusantara. Bahkan, kata Alex, KPK telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk mengawal serta mengawasi tata kelola hingga proses pelaksanaan pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur.

"KPK juga telah membentuk satuan tugas untuk mendampingi agar dapat meminimalisir potensi penyimpangan sebagai upaya pencegahan korupsi," katanya.

Lebih lanjut, Alex juga memberikan catatan dan masukan untuk mendorong akuntabilitas pada setiap tahapan proses pembangunan IKN. Beberapa di antaranya, Alex mengingatkan sejumlah hal terkait penyiapan lahan baik di kawasan inti maupun pengembangannya.

Kemudian juga, kata Alex, terkait kebutuhan bahan material bangunan, penyediaan tenaga kerja, hingga rencana pemerintah terkait pemindahan nantinya dan aset-aset milik negara. Alex berharap koordinasi serta komunikasi antara KPK dengan Kepala Otorita IKN bisa berjalan dengan baik dalam proses pelaksanaan pembangunannya.

"Kami juga ingin dapat informasi dari Bapak-Bapak karena KPK tidak bisa selalu mengawasi. Sehingga, harapannya sinergi kita bisa berjalan baik," terangnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda