KPK Periksa Dirut PT Abadi Sentosa Perkasa terkait Kasus Korupsi PTDI

Riezky Maulana ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 10:54 WIB
KPK Periksa Dirut PT Abadi Sentosa Perkasa terkait Kasus Korupsi PTDI

Gedung KPK di Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Rabu (1/7/2020) mengagendakan pemeriksaan terhadap Direktur Utama (Dirut) PT Abadi Sentosa Perkasa, Didi Laksamana. Didi akan diperiksa terkait kasus dugaan korupsi penjualan dan pemasaran di PT Dirgantara Indonesia (PTDI) tahun anggaran 2007-2017.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengtakan dalam pemanggilan ini Didi diperiksa sebagai saksi untuk tersangka eks Dirut PTDI Budi Santoso (BS).

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka BS," kata Ali ketika dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Untuk diketahui, PT Abadi Sentosa Perkasa merupakan salah satu dari lima perusahaan yang ditunjuk sebagai mitra penjualan dan pemasaran PTDI. Namun, perusahaan yang ditunjuk tidak pernah melaksanakan pekerjaannya berdasarkan kewajiban seperti yang tertera dalam surat perjanjian kerja sama.

Dalam perkara ini KPK telah menetapkan mantan Direktur Utama (Dirut) PT DI Budi Santoso (BS) dan mantan Asisten Dirut bidang Bisnis Pemerintahan Irzal Rinaldi Zailani (IRZ) sebagai tersangka. BS ditahan di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur. Sementara tersangka IRZ ditahan di Rutan KPK Gedung Merah Putih KPK.

Tersangka disangkakan melanggar Pasal 2 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Editor : Rizal Bomantama