KPK Telusuri Sumber Uang di Laci Meja Kerja Menag Lukman Hakim

Ilma De Sabrini ยท Rabu, 20 Maret 2019 - 11:47 WIB
KPK Telusuri Sumber Uang di Laci Meja Kerja Menag Lukman Hakim

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membeberkan sejumlah barang bukti. (Foto: iNews.id/ Ilma De Sabrini).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang Rp180 juta dan 30.000 dolar Amerika dari dalam laci meja kerja Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. Uang tersebut ditemukan saat menggeledah ruangan kerja Lukman Hakim.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, uang yang ditemukan itu terkait kasus yang menjerat mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy. KPK akan mendalami bukti-bukti yang ditemukan, termasuk sejumlah uang yang ditemukan di laci meja kerja Menag.

"Yang pasti uang itu sudah kami sita. Barang-barang bukti yang kami sita diduga terkait penanganan perkara dugaan suap pengisian jabatan di Kemenag. Nanti kami telusuri satu persatu bukti-buktinya," ujar Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (20/3/2019).

BACA JUGA:

KPK Sita Uang dari Ruang Kerja Menag Lukman, Ini Kata Jokowi

Uang Rp180 Juta dan 30.000 Dolar AS Ditemukan di Laci Meja Kerja Menag

Kasus ini terungkap saat Romahurmuziy terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK di Surabaya, Jawa Timur. Mantan pimpinan PPP yang biasa Romy itu sudah ditetapkan tersangka.

Usai gelar perkara KPK menduga Romy menerima suap sebesar Rp300 juta dari dua pejabat di Kementerian Agama (Kemenag). Uang siap diterima dua kali, pertama sebesar Rp250 juta dan kedua Rp50 juta.

Uang suap tersebut terkait pengisian jabatan di Kemenag. KPK juga sudah menyita sejumlah dokumen dari penggeledahan di beberapa ruangan Kemenag dan Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP. Termasuk menyita laptop di rumah Romy kawasan Condet, Jakarta Timur.


Editor : Kurnia Illahi