Kumpulan Pantun tentang Pancasila yang Penuh Nilai, Cocok untuk Diunggah di Media Sosial

Rilo Pambudi ยท Selasa, 31 Mei 2022 - 16:16:00 WIB
Kumpulan Pantun tentang Pancasila yang Penuh Nilai, Cocok untuk Diunggah di Media Sosial
Pantun Tentang Pancasila

JAKARTA, iNews.id - Kumpulan pantun tentang Pancasila yang cocok diunggah untuk memperingati momentum Hari Lahir Pancasila ada banyak. Pantun bisa menjadi sarana untuk memperingati Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Pancasila merupakan pilar ideologis bangsa Indonesia yang memiliki banyak makna. Oleh para pendiri bangsa, Pancasila dirumuskan sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima Sila yang menjadi pedoman bangsa itu terkandung dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke-4. Pada tanggal 1 Juni 2016, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila sekaligus menetapkannya sebagai hari libur nasional dan berlaku mulai tahun 2017.

Penetapan Hari Lahir Pancasila itu mengacu pada sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dilakukan pada 29 Mei - 1 Juni 1945. Istilah Pancasila kemudian baru diperkenalkan oleh Soekarno dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni 1945.

Pada proses selanjutnya, kemudian muncul rumusan Piagam Jakarta (Jakarta Charter) tanggal 22 Juni 1945 dan penetapan Undang-undang Dasar serta finalisasi Pancasila pada 18 Agustus 1945. Oleh sebab itu, Hari Lahir Pancasila menjadi salah satu tonggak sejarah lahirnya Bangsa Indonesia yang patut diperingati setiap tahunnya.

Sebagai penerus bangsa, ada banyak cara untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Salah satunya lewat contoh pantun kesaktian Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kumpulan Pantun Tentang Pancasila

  • Senang hati entah mengapa
    Rasa seperti baru merdeka
    Tahukah kawan ini hari apa
    Ini Hari Lahir Pancasila

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda