Layanan KAI Rute Pasar Senen-Purwokerto Kembali Beroperasi

Riezky Maulana ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 06:34 WIB
Layanan KAI Rute Pasar Senen-Purwokerto Kembali Beroperasi

Ilustrasi (foto : Dok/Humas KAI Daops 6 Yogyakarta)

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta kembali mengoperasikan kereta api (KA) Jarak Jauh untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian keluar kota menggunakan Kereta Api hari ini, Jumat (12/6/2020). KA Serayu relasi Pasar Senen – Purwokerto akan kembali berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 9.15 WIB.

Perjalanan kembali KA reguler ini mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

Selain iti, Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

"Pengoperasian kembali KA Reguler ini tentunya akan tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang diterapkan pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta
Eva Chairunisa," melalui keterangan tertulisnya, Jumat.

Layanan KAI kepada penumpang tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Tiap sudut stasiun tersedia tempat mencuci tangan.

"Seluruh area pelayanan dan ruang tunggu juga telah dilengkapi sejumlah petunjuk untuk penjagaan jarak fisik antarpenumpang," kata Eva.

Kebersihan, menurut Eva, juga selalu dijaga di setiap fasiltas milik KAI. Objek yang sering dipegang penumpang dibersihkan 30 menit sekali.

"Untuk memastikan kebersihan di Stasiun dan di atas KA Selama perjalanan, petugas rutin membersihkan objek-objek yang sering terpegang tangan setiap 30 menit sekali secara bergantian menggunakan pembersih yang mengandung disinfektan," katanya.

Pengecekan suhu juga dilakukan setiap calon penumpangakan naik kereta. Selain itu, diberikan fasilitas face shield gratis.

"Pada penerapan masa adaptasi kebiasaan baru, dari sisi aturan terdapat sejumlah ketentuan baru yang harus diikuti pengguna jasa selain kewajiban penggunaan masker," kata Eva.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq