Luhut Ditunjuk Jadi Ketua Tim Gernas Bangga Buatan Indonesia, Ini Tugasnya

Faieq Hidayat ยท Senin, 20 September 2021 - 15:29:00 WIB
Luhut Ditunjuk Jadi Ketua Tim Gernas Bangga Buatan Indonesia, Ini Tugasnya
Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk sebagai Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. (Foto Setpres).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk sebagai Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 15 Tahun 2021 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (8/9/2021).

"Tim Gernas BBI berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden," bunyi Pasal 1 ayat 2 Keppres tersebut yang dikutip, Senin (20/9/2021). 

Dalam Pasal 3 Keppres tersebut, Tim Gernas BBI mempunyai tugas melaksanakan kegiatan pencapaian target Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Adapun kegiatan itu meliputi peningkatan jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/Industri Kecil dan Menengah, termasuk pelaku ekonomi kreatif yang masuk dalam ekosistem digital.

Lalu peningkatan jumlah penjualan atau transaksi pembelian produk lokal, peningkatan daya beli masyarakat, perluasan pasar, akses permodalan, pelatihan, pendataan, dan percepatan siklus ekonomi lokal melalui belanja produk lokal. Kemudian stimulus ekonomi untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/Industri Kecil dan Menengah termasuk
pelaku ekonomi kreatif Gernas BBI sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, Tim Gernas BBI dapat melibatkan kementerian/lembaga lain, pemerintah daerah, asosiasi, industri, organisasi profesi, akademisi, dan media," bunyi Pasal 4. 

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: