Luhut Ibaratkan Langkah Cegah Lonjakan Covid Akhir Tahun seperti Operasi Militer

Fahreza Rizky · Senin, 08 November 2021 - 20:00:00 WIB
Luhut Ibaratkan Langkah Cegah Lonjakan Covid Akhir Tahun seperti Operasi Militer
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Indonesia tengah berupaya agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 di periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Karenanya, sejumlah strategi untuk mengurangi mobilitas masyarakat masih terus dikaji lebih lanjut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, rencana kebijakan pemerintah untuk memperketat pergerakan mobilitas di akhir tahun adalah bentuk perlindungan negara kepada masyarakat.

"Kita sedang evaluasi apakah penahanan mobilitas penduduk ini akan kita terapkan kembali, pelaksanaan dari PCR, sedang kami kaji, jangan teman-teman berpikir ini kita tidak konsisten. Tetapi kita hitung pergerakan manusia dan kenaikan kasus," ucap Luhut usai mengikuti rapat terbatas secara virtual dengan Presiden Jokowi, Senin (8/11/2021).

Luhut menuturkan, pengambilan keputusan yang tepat untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 di periode Nataru ibarat operasi militer, di mana harus berpatokan dengan kecermatan dan kehati-hatian. Apalagi saat ini diindikasikan ada varian delta plus di Malaysia yang berasal dari Inggris.

"Memutuskan ini seperti operasi militer. Kita melihat dengan cermat, jangan ada pikiran ke mana-mana ini kok berubah-ubah, tidak begitu, kita lihat perubahan perilaku Covid-19 ini, yang sekarang ada diindikasikan delta plus yang di Malaysia, semua kita cermati dengan baik, itu berasal dari UK," katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel: