Mahfud MD Sebut Kunci Penerapan Protokol Kesehatan hanya Disiplin

Riezky Maulana ยท Jumat, 28 Agustus 2020 - 08:41:00 WIB
Mahfud MD Sebut Kunci Penerapan Protokol Kesehatan hanya Disiplin
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut hanya ada satu cara agar penerapan protokol kesehatan dapat berjalan maksimal. Satu-satunya cara tersebut yakni disiplin.

Dia menuturkan, disiplin itu kemudian dapat dibagi menjadi dua hal. Pertama adalah disiplin dalam penerapan strategi secara persuasif dan disiplin penegakkan hukum.

Menurutnya pendekatan persuasif dilakukan dengan cara memberitahu berbahayanya covid-19 jika masyarakat tidak disiplin mematuhi protokol kesehatan. Dia membandingkan kondisi orang yang masih sehat dan telah terjangkit covid-19.

"Coba bayangkan anda semua bisa bernapas dengan enak setiap harinya tetapi ketika kena covid-19 mau bernapas saja susah. Ngeri mendengar kesaksian dari orang yang kena covid-19 ini. Sekarang enak-enak saja bernapas karena sehat. Tapi begitu terkena, mau bernapas itu tidak bisa," katanya dalam keterangan resmi via video di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Contoh lain yang disebutkan Mahfud dari pendekatan persuasif yakni saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi instruksi agar ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) turut serta dalam sosialiasi terhadap covid-19. Menurutnya peran ibu-ibu sangat penting dalam menyosialisasikan protokol kesehatan di keluarga dan masyarakat.

"Itulah sebabnya Presiden secara eksplisit menyebut PKK supaya banyak berperan karena katanya ibu-ibu ini kan lebih mudah bergerak untuk melakukan tindakan persuasif terhadap masyarakat," ucapnya.

Di dalam cara persuasif, kata Mahfud budaya atau kearifan lokal tetap harus diperhatikan. Dia mencontohkan Yogyakarta, di mana Gubernur Sri Sultan Hamengkubuwono X lebih memilih pendekatan persuasif dibandingkan penegakan hukum.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: