Mahfud MD Sebut Temuan TGPF dan Komnas HAM soal Kasus Intan Jaya Miliki Kesamaan

Riezky Maulana ยท Rabu, 04 November 2020 - 19:09:00 WIB
Mahfud MD Sebut Temuan TGPF dan Komnas HAM soal Kasus Intan Jaya Miliki Kesamaan
Menko Polhukam Mahfud MD menyebut hasil investigasi TGPF dan Komnas HAM terkait penembakan Intan Jaya miliki kesamaan. (Foto: iNews/ Felldy)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah pimpinan Komnas HAM menemui Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (4/11/2020). Kunjungan ini dimanfaatkan Komnas HAM untuk menyerahkan hasil investigasi serangkaian peristiwa kekerasan dan penembakan di Intan Jaya, Papua.

Mahfud menuturkan, secara garis besar hasil temuan Komnas HAM dan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) bentukannya memiliki kesamaan. Menurutnya hanya berbeda di sudut pandang dan teknisnya.

"Ada beberapa temuan-temuan yang sama tentang peristiwa kekerasan di Intan Jaya. Berbeda-beda sedikit soal sudut pandang dan segi teknisnya. Tetapi secara prinsip sama," ucap Mahfud di Jakarta, Rabu (4/11/2020).

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menegaskan Kemenko Polhukam dan Komnas HAM sama-sama memiliki keinginan untuk melaksanakan penegakan perlindungan HAM di Papua. Salah satu prinsipnya yaitu menyelesaikan masalah dengan tidak menggunakan kekerasan.

"Ada yang sama persis, di antara kami. Menko Polhukam dan Komnas HAM itu sama persis memiliki keinginan dalam melaksanakan penegakan perlindungan hak asasi manusia yang jauh dari kekerasan dalam menyelesaikan masalah," ujarnya.

Dia menegaskan, laporan yang diterima dari Komnas HAM ini akan disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain itu, laporan akan ditindaklanjuti melalui jalur yang tersedia yakni penegakan hukum tanpa pandang bulu kepada siapapun.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda