Makna Pancasila Sila ke 1-5 dan Contohnya Lengkap, Yuk Ketahui!

Assyifa Nurul Aini ยท Jumat, 02 September 2022 - 16:08:00 WIB
Makna Pancasila Sila ke 1-5 dan Contohnya Lengkap, Yuk Ketahui!
makna pancasila sila ke 1-5

JAKARTA, iNews.id - Makna Pancasila sila ke 1-5 tentu sudah diajarkan saat kita masih duduk di bangku sekolah dalam pelajaran Pkn. Agar semakin paham, ketahui contohnya di sini.

Pancasila bukan menjadi sebagai dasar negara saja, tetapi juga nilai-nilai yang dapat dihidupi oleh masyarakat Indonesia. Meskipun dalam setiap sila terkandung nilai-nilai yang berbeda, semuanya itu tidak lain merupakan satu kesatuan yang sistematis.

Makna Pancasila Sila Ke 1-5 dan Contohnya

Adapun makna Pancasila sila ke 1-5 yang perlu kamu ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Apa Makna dari Sila ke 1?

Sila yang pertama berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sila ini memiliki nilai-nilai yang meliputi dan menjiwai keempat sila lainnya. Dalam sila pertama memiliki maknanya adalah setiap warga negara memiliki keyakinan terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa serta negara berdasar pada ketuhanan.

Maka dari itu, segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan dan penyelenggaraan negara bahkan moral negara, moral penyelenggara negara, politik negara, pemerintah negara, hukum, dan peraturan perundang-undangan negara, kebebasan dan hak asasi warga negara harus dijiwai nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa.

Dalam sila ini juga menjamin penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya. Namun, hal tidak memaksa warga negara untuk beragama. Selain itu, mendorong adanya sikap toleransi umat beragama sehingga dapat timbul kehidupan yang harmonis.  

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda