Mantan KSAU Agus Supriatna Tak Penuhi Panggilan, KPK Bakal Lapor Panglima TNI

Ariedwi Satrio · Selasa, 29 November 2022 - 10:25:00 WIB
Mantan KSAU Agus Supriatna Tak Penuhi Panggilan, KPK Bakal Lapor Panglima TNI
Mantan KSAU, Agus Supriatna kembali tidak memenuhi panggilan tim Jaksa Penuntut Umum KPK pada Senin (28/11/2022). (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Agus Supriatna kembali tidak memenuhi panggilan tim Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (28/11/2022). KPK menegaskan akan melaporkan hal tersebut kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa agar segera ditindaklanjuti.

Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto menjelaskan Agus Supriatna tercatat sudah dua kali mangkir dalam sidang dugaan korupsi terkait pengadaan helikopter angkut Agusta Westland (AW)-101.

"Masalah terkait persidangan perkara AW-101 memang dari awal banyak kendala secara teknis dan tentunya bahkan kami pimpinan juga sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI," kata Karyoto, Selasa (29/11/2022).

Karyoto mengatakan bila Agus Supriatna tak kunjung memenuhi panggilan maka KPK akan melaporkan kembali kepada Panglima TNI.

"Karena Agus Supriatna kelihatannya meminta diperlakukan sebagai militer untuk pemanggilan dan lain-lain," ujarnya.

Agus tercatat sudah dua kali mangkir di sidang korupsi terkait pengadaan helikopter angkut AW-101. Pertama, Agus mangkir pada Senin tanggal 21 November 2022. Tim jaksa KPK kemudian menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Agus pada Senin tanggal 28 November 2022 namun Agus kembali mangkir.

KPK memastikan telah mengirimkan surat panggilan kepada Agus Supriatna ke sejumlah kediamannya. KPK juga telah berulang kali meminta Agus untuk kooperatif. Sebab, Agus sudah kerap mangkir saat dipanggil di proses penyidikan Bos PT Diratama Jaya Mandiri, Irfan Kurnia Saleh (IKS).

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda