Massa Aksi 212 Berdatangan, Banyak Anak Ikut Demo

Wildan Catra Mulia ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 14:28 WIB
Massa Aksi 212 Berdatangan, Banyak Anak Ikut Demo

Sejumlah bocah ikut dalam Aksi 212 di Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2020). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id - Massa Aksi 212 mulai berdatangan di Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, selepas salat Jumat (21/2/2020). Mayoritas massa mengenakan pakaian serbaputih.

Pantauan iNews.id di lokasi, peserta aksi juga membawa bendera Merah Putih ukuran besar. Sebagian lain membawa poster-poster bertuliskan tuntutan memberantas korupsi.

Tidak hanya orang dewasa, sejumlah anak dan remaja juga ikut aksi unjuk rasa ini. Sebagian terlihat berteduh di bawah pohon untuk menghindari terik matahari.

Para orator dari mobil komando terus melantunkan selawat dan tahlil. Mereka juga mengkritik pemerintah saat ini yang dinilai abai dalam menyelesaikan persoalan korupsi.

Longsor di Toraja Utara memutus akses jalan warga. (Foto: iNews/Jufri Tonampa).

Massa unjuk rasa mengaku kecewa karena ada penjagaan ketat oleh aparat kepolisian yang berjaga dan memblokade Jalan Medan Merdeka Barat.

"Ini negeri demokrasi bukan, kok kita bertamu ke Istana enggak boleh?," ujar orator dari atas mobil komando, Jumat (21/2/2020).

Sekitar 2.000 personel gabungan TNI dan Polri diterjunkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa yang digelar oleh Persaudaraan Alumni (PA) 212 ini. Menurut rencana, aksi akan berlangsung dari pukul 13.00 WIB sampai 18.00 WIB dan diklaim akan diikuti sekitar 1.000 peserta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, aksi unjuk rasa akan dimulai setelah salat Jumat dengan titik awal di Bundaran Patung Kuda.

"Polda Metro Jaya dan TNI sudah siap mengamankan unjuk rasa tersebut," kata Yusri.


Editor : Zen Teguh