Media Massa Jadi Solusi Keberhasilan Penanganan Covid-19

Djibril Muhammad ยท Jumat, 30 Oktober 2020 - 14:45 WIB
Media Massa Jadi Solusi Keberhasilan Penanganan Covid-19

Relawan Satgas Covid-19 Suryopratomo (kiri) dan Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo (tengah) dalam talkshow di Graha BNPB, Jakarta. (Foto: BNPB).

JAKARTA, iNews.id - Media massa menjadi bagian penting dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19. Informasi seputar virus ini akan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tergerak untuk bersama-sama memeranginya.

Kendati demikian, dalam penilaian wartawan senior sekaligus relawan Satgas Penangangan Covid-19 Suryopratomo, pesan yang disampaikan oleh media kepada masyarakat sudah berlebih, namun cenderung kurang edukatif.

Kebanyakan media bahkan cenderung memberikan informasi yang berorientasi mengejar sensasi tanpa memberi pemahaman yang benar apa yang harus dilakukan menghadapi pandemi ini. Artinya, ada informasi yang menakut-nakuti.

"Di Selandia Baru, negara yang sukses menangani Covid-19, medianya jadi bagian solusi. Bukan mendukung pemerintahnya tapi eksistensi terhadap bangsa itu," ujar Suryopratomo dalam talkshow "Suryopratomo: Dari Relawan Hingga Duta Besar" di Media Center Satgas Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Selasa (27/10/2020).

Tommy, panggilan akrab Suryopratomo, mengutip pernyataan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo yang menyebut 63 persen keberhasilan penanganan Covid-19 dari peranan media. Konteksnya, memberi edukasi yang boleh dan tidak boleh dalam memberikan penjelasan kepada masyarakat.

Satgas melakukan pendekatan dengan mengajak wartawan menjadi bagian kampanye besar masyarakat dalam perubahan perilaku.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua