Menag Undang Menteri Haji Arab Saudi ke Indonesia: Upaya Diplomasi yang Extraordinary

Widya Michella ยท Kamis, 01 September 2022 - 08:41:00 WIB
Menag Undang Menteri Haji Arab Saudi ke Indonesia: Upaya Diplomasi yang Extraordinary
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pihaknya telah mengundang Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Al Rabiah ke Indonesia pada Oktober 2022. (Foto: Kemenag)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pihaknya telah mengundang Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Al Rabiah ke Indonesia pada Oktober 2022. Maksud undangan tersebut tidak lain untuk melakukan negosiasi terkait biaya layanan masyair haji 1444 H/2023 M. 

"Saya juga berbicara dengan Menteri Haji dan Umrah,  mengundang beliau untuk datang ke Indonesia. Maksud saya, saya mau negosiasi di sini insya Allah beliau akan datang ke Indonesia tanggal 10 Oktober 2022," kata Menag dalam rapat kerja (raker) bersama komisi VIII DPR dikutip Kamis,(1/9/2022). 

Gus Yaqut mengatakan kedatangan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi dapat menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk berbicara langsung terkait kenaikan biaya layanan masyair yang mencapai 300 persen. Bahkan menurutnya upaya yang dilakukannya yaitu bentuk diplomasi yang extraordinary (luar biasa).

"Di situ kesempatan kita mungkin pimpinan (komisi VIII DPR)  bisa ikut mendampingi, kita ajak ketemu dan berbicara langsung dengan Menteri Haji dan Umrah. Jadi kalau dikatakan kami tidak melakukan upaya diplomasi, menurut saya justru kita melakukan upaya diplomasi yang extraordinary," tutur Menag.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda