Mencicipi Mangga Pisang, Ternyata Begini Rasanya

Masirom ยท Senin, 17 Desember 2018 - 07:37:00 WIB
Mencicipi Mangga Pisang, Ternyata Begini Rasanya
Mangga Agri Gardina yang dikembangkan para peneliti Balitbangtan Kementerian Pertanian memiliki rasa dominan manis dan warna kulit yang menarik, yakni perpaduan hijau, kuning, oranye dan kuning. (Foto: iNews.id/Masirom).

JAKARTA, iNews.idMangga merupakan buah yang sangat populer di Indonesia. Banyak sekali ragam mangga di Indonesia, konon jumlahnya mencapai 304 varietas. Beberapa di antaranya sangat dikenal publik, seperti Arummanis, Indramayu, dan Gedonggincu.

Para peneliti Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian terus mengembangkan varietas-varietas baru mangga unggulan. Nah, salah satu varietas baru yang naik daun adalah Agri Gardina, atau lebih populer disebut sebagai mangga pisang.

Mengapa Agri Gardina disebut sebagai mangga pisang? Begini ceritanya.

Pernahkah Anda membayangkan, menikmati mangga tanpa perlu mengupas kulitnya dengan pisau? Layaknya makan buah pisang, dengan tangan kosong, kita bisa mengupas kulit mangga, lalu mengonsumsinya.

Nah, ini lah salah satu nilai lebih Agri Gardina. Tanpa perlu menggunakan pisau, kita bisa langsung menikmati mangga varietas ini. Cukup menggunakan tangan kosong untuk mengupas kulit mangga hasil persilangan antara varietas Arummanis dan Saigon ini. Kemudahan ini lah yang membuat Agri Gardina disebut sebagai mangga pisang. Buah mangga, tapi cara mengonsumsinya seperti pisang.

Ukuran Agri Gardina relatif kecil bila dibanding varietas-varietas mangga lainnya. Beratnya sekitar 175 gram per buah. Bandingkan misalnya dengan Arummanis yang bisa mencapai 500 gram per buah.

Warna mangga pisang sangat menarik, perpaduan antara hijau, merah, oranye, dan kuning. Di ujung buah ini terdapat semacam puting, yang memudahkan bagi kita untuk mengupas kulitnya.

Dikutip dari situs Pertanian.go.id, tak mudah melahirkan varietas ini. Butuh ketekunan selama 12 tahun (2003-2014) bagi para peneliti Balitbangtan Kementerian Pertanian mewujudkan Agri Gardina. Mangga ini punya kualitas yang merangkum mangga aromatik yang harum dan manis, sekaligus mangga eksotik yang enak dipandang, baik warna maupun bentuknya.

iNews.id berkesempatan mencicipi Agri Gardina, Sabtu (15/12/2018). Kesan pertama, aroma buah ini segar. Semakin penasaran, langsung mencoba untuk mengupas kulitnya.

Ternyata benar, mangga ini bisa dikupas layaknya pisang. Rasanya dominan manis. Wajar, mungkin genetik dari Arummanis dominan terbawa di Agri Gardina. Daging buahnya tidak terlalu berserat, sehingga mudah sekali dikonsumsi. Hampir seperti makan pisang.

Sayangnya, mangga pisang belum banyak beredar di pasaran seperti mangga-mangga lainnya. Namun, bila penasaran, Anda bisa datang ke Kebun Percobaan Cukurgondang, di Kecamatan Grati, Pasuruan, Jawa Timur.

Pengembangan varietas unggul tanaman mangga, seperti mangga pisang, memang tugas utama dari Kebun Percobaan Cukurgondang ini. Dengan koleksi 208 jenis mangga, ditambah 165 varietas hasil persilangan serta 105 koleksi baru, kebun ini merupakan kebun koleksi plasma nutfah mangga terlengkap di Asia Tenggara.

Editor : Zen Teguh