Mendikbud: Satu Izin yang Harus Dipenuhi, Orang Tua Harus Setuju Anaknya Sekolah

Felldy Utama ยท Senin, 15 Juni 2020 - 17:40:00 WIB
Mendikbud: Satu Izin yang Harus Dipenuhi, Orang Tua Harus Setuju Anaknya Sekolah
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan pembukaan sekolah dapat dilakukan di zona hijau di tengah penyebaran pandemi virus corona (Covid-19). Untuk tahap pertama, SMP dan SMA yang dibuka kembali.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebutkan, selain syarat berada di zona hijau, sekolah bisa kembali dibuka jika telah mendapat izin dari pemerintah daerah (pemda) setempat. Syarat lainnya, satuan pendidikan harus memenuhi cek lis yang disyaratkan mengenai pertemuan tatap muka dalam belajar mengajar.

"Tapi ada satu lagi perizinan yang harus dipenuhi yaitu orang tua harus setuju anaknya pergi sekolah. Misalnya zona hijau, 3 poin itu terpenuhi, tetapi tidak bisa memaksa murid yang orang tuanya tidak memperkenankan anaknya untuk sekolah, murid itu diperbolehkan belajar dari rumah," katanya.

Nadiem menyampaikan hal itu dalam konferensi pers secara virtual, Senin (15/6/2020). Pembukaan sekolah, menurut dia, harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebagai contoh, kapasitas kelas hanya boleh 50 persen.

Sementara syarat sekolah yang memenuhi cek lis kesiapan satuan pendidikan untuk protokol kesehatan yaitu memiliki sarana sanitasi, akses terhadap fasilitas kesehatan seperti puskemas, mewajibkan menggunakan masker dan memiliki thermogun.

"Warga satuan pendidikan dilarang ke sekolah jika memiliki penyakit penyerta dan tidak memiliki akses transportasi yang membuatnya tidak dapat menjaga jarak aman," ujar Nadiem.

Editor : Djibril Muhammad