Mengenal 5 Jenis Pistol yang Digunakan Polri, Salah Satunya Dipakai Tembak Brigadir J

Reza Fajri ยท Rabu, 10 Agustus 2022 - 13:35:00 WIB
Mengenal 5 Jenis Pistol yang Digunakan Polri, Salah Satunya Dipakai Tembak Brigadir J
Pistol Glock 17 (Foto: Ammoland)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai institusi yang berperan menjaga keamanan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat, Polri diizinkan menggunakan senjata api. Karena lebih banyak bersinggungan dengan masyarakat sipil, maka penggunaan senjata api anggota kepolisian sifatnya hanya untuk melumpuhkan.

Dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 1 Tahun 2022 dijelaskan yang disebut senjata api organik standar Polri adalah senjata api kaliber 5,5 milimeter ke atas dengan sistem kerja manual, semi otomatis dan/atau otomatis, serta telah dimodifikasi, termasuk amunisi, granat dan bahan peledak.

Dalam Perkap disebutkan senjata api organik Polri meliputi, senjata api genggam; senjata api pistol mitraliur; senjata api serbu, senjata api mesin ringan, sedang dan berat, senjata api tembak jitu, senjata api tembak runduk senjata api pelontar dan senjata api laras licin.

Senjata api yang banyak digunakan polisi yaitu berjenis pistol. Pistol memiliki kelebihan dan kekurangan. Larasnya yang pendek dan peluru yang kecil membuat penggunaan pistol memiliki keterbatasan karena jarak tembaknya sangat terbatas.

Namun demikian, ukuran dan bentuk pistol yang kecil dan ringan membuatnya mudah disimpan, cocok untuk pertempuran jarak dekat.

Berikut jenis-jenis pistol yang digunakan anggota Polri:

1. Revolver

Revolver merupakan senjata api genggam yang mampu ditembakkan berturut-turut. Terdapat silinder yang dapat berputar untuk diisi peluru karena mekanisnya berhubungan dengan penarik (double action) atau picu (single action). Umumnya revolver yang digunakan polisi di Indonesia berisi 5-7 peluru.

Ilustrasi revolver (Foto: iNews.id/Armia Jamil)
Ilustrasi revolver (Foto: iNews.id/Armia Jamil)

2. Browning Hi Power

Selain Revolver, polisi juga ada yang menggunakan senjata api jenis Browning Hi-Power. Senjata ini adalah pistol semi otomatis single action 9 mm yang dirancang John Browning asal Amerika Serikat dan kemudian disempurnakan Dieudonné Saive yang bekerja di FN Herstal.

3. Colt M1911

Pistol jenis Colt M1911 merupakan senjata api yang cukup melegenda dan banyak digunakan kepolisian dan militer. Senjata api ini menggunakan standar peluru kaliber 45.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda