Menkominfo Minta Jangan Ada Produk Impor Dicap Buatan Dalam Negeri

Rizal Bomantama ยท Jumat, 25 Maret 2022 - 15:46:00 WIB
Menkominfo Minta Jangan Ada Produk Impor Dicap Buatan Dalam Negeri
Menkominfo, Johnny G Plate mengatakan pemerintah terus berupaya meningkatkan belanja produk dalam negeri. (Foto: Kemenkominfo)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate mengatakan pemerintah terus berupaya meningkatkan belanja produk dalam negeri. Hal itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menegaskan keberpihakan pada produksi dalam negeri.

Menkominfo pun meminta jangan ada produk impor yang kemudian dicap buatan dalam negeri. Menurutnya hal itu akan mencederai industri dalam negeri.

“Apabila ada yang bermain-main dengan mengubah produk-produk asing dengan diberi label atau cap produk-produk dalam negeri, maka akan diambil langkah-langkah yang tegas secara khusus kepada marketplace,” kata Johnny G Plate dalam Konferensi Pers: Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia 2022, yang berlangsung secara hibrida dari Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (25/3/2022).

Menkominfo mengingatkan pengelola platform digital untuk memperhatikan, memberikan peluang promosi serta melakukan aksi nyata dan afirmatif untuk memberikan dukungan atas produk-produk dalam negeri.

“Kepada pemerintah dan BUMN, Bapak Presiden Jokowi juga mengingatkan langkah afirmatif tidak di atas kertas saja. Namun, harus diimplementasikan dan dilaksanakan secara konkret," ucapnya.

Menurut Johnny, hal itu akan diawasi hari per hari agar kementerian dan lembaga yang telah memberikan komitmen dapat secara sungguh-sungguh melaksanakan aksi bersama.

“Dan jika tidak, Presiden Joko Widodo mengingatkan bukan tidak mungkin untuk melakukan reshuffle,” ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda