Mobil Edukasi Keliling Enesis, Wujudkan Indonesia Bebas Dengue

Rizqa Leony Putri ยท Rabu, 06 Juli 2022 - 08:06:00 WIB
Mobil Edukasi Keliling Enesis, Wujudkan Indonesia Bebas Dengue
Enesis menggalakkan kampanye 'Wujudkan Indonesia Bebas Dengue dalam rangka peringatan Asean Dengue Day 2022. (Foto: dok Enesis)

JAKARTA, iNews.idEnesis menggalakkan kampanye 'Wujudkan Indonesia Bebas Dengue' dalam rangka peringatan Asean Dengue Day 2022. Kampanye ini dilaksanakan sejak Juli hingga nanti berpuncak pada Hari Nyamuk Sedunia, 20 Agustus 2022.

Sebelum pandemi Covid-19, Indonesia sudah memiliki wabah tahunan yang terus ada hingga sekarang, yaitu Demam Berdarah Dengue, diketahui hingga minggu ke-23 di 2022 secara kumulatif terlaporkan 52.313 kasus dan 488 kematian DBD, terlaporkan dari 451 kabupaten/kota di 34 provinsi.

Edukasi kepada seluruh masyarakat di Indonesia untuk mencegah penyebaran penyakit Dengue bukan hanya menjadi tugas dari pemerintah, tetapi tugas kita semua. Maka dari Enesis mewujudkannya dengan program Mobil Edukasi Keliling.

Seremonial pelepasan Mobil Edukasi ini dilaksanakan pada Selasa, 5 Juli 2022 dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, dr Dante Saksono, Direktur Promosi Kesehatan Masyarakat dan Pemberdayaan Masyaraka, dr Imran Agus, Ketua Dewan Pembina Yayasan Enesis, Ryan Tirta Yudhistira.

Ryan Tirta Yudhistira selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Enesis Indonesia menyatakan, “Mobil Edukasi Keliling ini merupakan kerjasama dengan Kementerian Kesehatan untuk memberikan imbauan kepada masyarakat tentang penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta pencegahan Dengue melalui PSN 3M Plus. Untuk tahap awal, mobil edukasi ini akan menyasar sekolah dasar, pasar, RS, MTI dan Ibu-ibu PKK di beberapa kota yaitu, Bandung, Cirebon, Yogya, dan Malang, dan nanti nya secara bertahap kami akan menyasar lebih dari 100 titik di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, para hadirin diajak untuk melihat edukasi yang akan diberikan nantinya, salah satunya adalah Uji Ampuh Nyamuk, yang diperagakan oleh aktris dan aktivis sosial Jihane Elmira. Uji Ampuh Nyamuk ini memperlihatkan bahwa bila kita menggunakan Soffell, maka nyamuk-nyamuk tidak akan menggigit tangan kita.

Editor : Rizqa Leony Putri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda