Moeldoko Akui yang Sarankan Jokowi Gunakan Pulpen, Ini Penjelasannya

Dede Rudi ยท Selasa, 19 Februari 2019 - 17:02 WIB
Moeldoko Akui yang Sarankan Jokowi Gunakan Pulpen, Ini Penjelasannya

Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko. (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Moeldoko mengaku dirinya yang menyarankan Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) membawa pulpen saat debat kedua pilpres 2019. Kepala Kantor Staf Kepresidenan itu memastikan pulpen tersebut bukan alat bantu dengar (earpiece).

“Kenapa beliau bawa pulpen? Kita kita yang menyarankan. Bapak, kalau tidak ada yang dipegang, sehingga kalau kita kasih mainan pulpen ini mengurangi gerakan yang lain,” kata Moeldoko di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Pernyataan Moeldoko tersebut membantah tudingan Jokowi menggunakan earpiece ketika berhadapan dengan Prabowo Subianto di panggung debat kedua capres, Minggu (17/2/2019) malam. Tuduhan itu merebak di media sosial.

“Kalau enggak bawa pulpen pasti (pegang lengan baju). Sebenarnya itu saran dari kami, dari kita semuanya. Bapak perlu bawa sesuatu, kertas? Jangan nanti dikira ngerepek lagi. Eh bawa pulpen dibilang yang lain lagi,” ujar dia.

Menurut Moeldoko, penggunaan pulpen tersebut saran tim kampanye agar Jokowi mengurangi kebiasaan memegang lengan baju. Kendati demikian, Moeldoko membantah saran itu untuk mengurangi ketegangan (grogi) Jokowi.

“Beliau kalau enggak bawa sesuatu, pegang-pegang lengan baju, itu yang kita cermati. Syaratnya harus ada yang dipegang dan itu diikutin,” tutur Moeldoko.

Editor : Khoiril Tri Hatnanto