Moeldoko: Prajurit TNI Disiapkan untuk Perang, Tinggi Badan Bisa Disesuaikan

Raka Dwi Novianto · Kamis, 29 September 2022 - 14:43:00 WIB
Moeldoko: Prajurit TNI Disiapkan untuk Perang, Tinggi Badan Bisa Disesuaikan
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (dok. KSP)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menanggapi perubahan aturan batas tinggi dalam penerimaan prajurit TNI, khususnya calon taruna. Moeldoko tak masalah dengan perubahan itu karena prajurit TNI dipersiapkan untuk perang sehingga batas tinggi bisa disesuaikan.

"Prajurit TNI disiapkan, dibentuk untuk perang, bukan untuk baris-berbaris, bukan untuk protokol, jadi ketinggiannya itu bisa disesuaikan," ujar Moeldoko di kantornya di Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Moeldoko menceritakan pengalamannya saat bertugas di United Nations Military Observer. Di sana Moeldoko kaget karena bertemu perwira militer Prancis yang tubuhnya cukup pendek.

"Eh kok lu bisa pendek begini jadi prajurit?" tanya Moeldoko.

"Hei Moeldoko, kamu ngerti nggak, kalau kita perang, kita harus melewati lorong-lorong kecil, orang-orang seperti saya inilah yang bisa melewati," kata Moeldoko, menirukan jawaban perwira tersebut.

"Maknanya apa? Prajurit itu dibentuk untuk bertempur, bukan untuk sekedar protokoler atau baris berbaris, sehingga persoalan tinggi badan dan seterusnya itu disesuaikan," katanya lagi.

Menurut Moeldoko, jika pemberian gizi dari orang tua kepada anak-anaknya sudah bagus dan banyak orang sudah tinggi-tinggi, maka aturan penerimaan prajurit TNI bisa disesuaikan lagi nantinya.

"Kalau kita lagi gizinya bagus, masyarakat Indonesia sudah mulai tinggi-tinggi, ya mungkin menyesuaikan, jadi jangan itu menjadi persoalan," katanya.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda