Mulan Jameela Ditetapkan sebagai Anggota DPR, Ini Kata Gerindra

Felldy Utama ยท Sabtu, 21 September 2019 - 17:29 WIB
Mulan Jameela Ditetapkan sebagai Anggota DPR, Ini Kata Gerindra

Mulan Jameela. (Foto: iNews.id/Dok.)

JAKARTA, iNews.id – Politikus Partai Gerindra, Mulan Jameela, ditetapkan menjadi anggota DPR terpilih periode 2019-2024. Mantan personel grup musik Ratu itu bisa melenggang ke Senayan lantaran gugatan perdatanya di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan dikabulkan majelis hakim.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Andre Rosiade menyampaikan, partainya siap menjalankan putusan PN Jakarta Selatan dengan melengkapi sejumlah syarat kententuan administrasi penetapan Mulan Jameela sebagai anggota DPR untuk ditindaklanjuti Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Intinya ini kan keputusan pengadilan. Pengadilan memerintahkan partai Gerindra. Tentu Partai Gerindra karena ini putusannya sudah final dan mengikat serta sudah inkrah, ya Gerindra tinggal melaksanakan putusan pengadilan,” kata Andre kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (21/9/2019).

Mulan dalam Pileg 2019 lalu mendapatkan perolehan sebanyak 24.192 suara atau peraih suara kelima. Dia ditetapkan sebagai anggota dewan terpilih bedasarkan Surat Keputusan KPU Nomor 1341/PL.01.9-Kpt/06/KPU/IX/2019 pada 16 September 2019 tentang Perubahan Keputusan KPU Nomor 1318/PL.01.9-Kpt/06/KPU/VIII/2019 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPR dalam Pemilu 2019.

Dalam surat itu, KPU menetapkan Mulan yang terpilih sebagai anggota DPR terpilih menggantikan Ervin Luthfi sebagai peraih suara ketiga terbanyak dan Fahrul Rozi peraih suara keempat.

BACA JUGA: 14 Kader Gugat Gerindra, dari Mulan Jameela hingga Sara Djojohadikusumo

Surat keputusan KPU dikeluarkan berdasarkan surat dari DPP mengenai langkah administrasi pelaksanaan putusan PN Jaksel dengan nomor 023A/BHA-DPPGERINDRA/IX/2019 dan Keputusan DPP Gerindra Nomor 004A/SKBHA/DPPGERINDRA/IX/2019 tentang pemberhentian keanggotaan sebagai langkah administrasi pelaksanaan putusan.

Dalam surat itu, menegaskan calon anggota DPR Dapil Jabar XI Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi dinyatakan tidak memenuhi persyaratan sebagai calon terpilih anggota DPR RI, setelah keduanya diberhentikan sebagai anggota Partai Gerindra.

Atas keputusan tersebut, Andre mengaku Partai Gerindra juga telah menyampaikan informasi tentang adanya pergantian posisi di pencalonan DPR RI. “Saya tidak tahu secara detail (respons kader yang diberhentikan), menurut info yang saya dapatkan, teman-teman yang tidak jadi dilantik kalau tidak salah sudah diinformasikan oleh partai,” ujarnya.


Editor : Ahmad Islamy Jamil