OSO Apresiasi Komitmen Mentan Cetak 2,5 Juta Pengusaha Muda di Bidang Pertanian

Rizal Bomantama ยท Sabtu, 29 Februari 2020 - 19:23:00 WIB
OSO Apresiasi Komitmen Mentan Cetak 2,5 Juta Pengusaha Muda di Bidang Pertanian
Ketua BPO HKTI, Oesman Sapta Odang. (Foto: Dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Komitmen Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mencetak 2,5 juta pengusaha muda di bidang pertanian mendapat apresiasi dari sejumlah pihak. Termasuk Ketua Badan Pertimbangan Organisasi Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI), Oesman Sapta Odang atau dikenal dengan OSO.

OSO menyebut program itu akan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia, termasuk mengurangi angka pengangguran. Dia mendorong Mentan untuk menggandeng pihak-pihak yang berkompeten untuk mewujudkan komitmen itu.

"Komitmen itu harus didukung demi kepentingan ekonomi Indonesia. Syaratnya Pak Syahrul harus menggandeng pihak yang berkompeten dalam bidang kewirausahaan," ujarnya, Sabtu (29/2/2020).

Menurutnya program itu membuka peluang menyejahterakan masyarakat Indonesia melalui profesi di bidang pertanian. OSO mengatakan tantangan untuk mewujudkan hal tersebut adalah minimnya minat generasi muda terhadap bidang pertanian.

"Indonesia bisa punya generasi muda yang mandiri melalui program itu. Apalagi bidang pertanian jarang disukai generasi muda. Sumber daya manusia Indonesia bisa jadi pencipta," katanya.

Mentan, Syahrul Yasin Limpo diketahui kerap menyampaikan komitmen untuk melahirkan 2,5 juta pengusaha milenial sektor pertanian selama lima tahun ke depan pemerintahan Presiden Jokowi. Dia akan mendorong pemanfaatan teknologi sehingga menarik minat generasi milenial serta memperbanyak pelatihan ekonomi pertanian untuk generasi muda.


Editor : Rizal Bomantama