Panglima TNI Kerahkan 122 Nakes Tingkatkan Vaksinasi di Kabupaten Tangerang dan Bogor

Muhammad Refi Sandi ยท Rabu, 20 Oktober 2021 - 16:29:00 WIB
Panglima TNI Kerahkan 122 Nakes Tingkatkan Vaksinasi di Kabupaten Tangerang dan Bogor
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengerahkan 122 tenaga kesehatan (Nakes) Siswa Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI untuk meningkatkan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tangerang dan Bogor. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang masih berada di PPKM Level 3 karena vaksinasi Covid-19 belum memenuhi target. Padahal wilayah aglomerasi Jabodetabek lainnya sudah turun ke PPKM Level 2.

Oleh sebab itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengerahkan 122 tenaga kesehatan (Nakes) Siswa Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI yang tengah mengikuti Pendidikan di Akademi Militer (Akmil) Magelang. Hadi menyebut dikerahkannya nakes tersebut untuk mengakselerasi vaksinasi hingga mencapai target 70 persen di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang.

Sebelumnya, 122 Nakes tersebut diberangkatkan melalui dua penerbangan dari Lanud Adisutjipto Yogyakarta dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 A- 1303 dan CN A-2901 TNI AU. Setibanya di Lanud Halim Perdanakusuma, para Nakes TNI tersebut di terima oleh Wakapuskes TNI Marsma TNI dr Didik Kestito.

Selanjutnya mereka diberangkatkan menuju Hotel Amaris Citra Raya Kabupaten Tangerang. Adapun 122 Nakes yang dikerahkan tersebut terdiri atas dokter umum 88 orang, dokter gigi 11 orang, apoteker 8 orang, perawat 4 orang, gizi 3 orang, elektro medis 1 orang, Fisioterapi 2 orang, analis medis 2 orang, radiologi 1 orang, perawat gigi 1 orang, dan rekam medis 1 orang.

Sementara itu, Wakapuskes TNI Marsma TNI dr Didik Kestito menjelaskan saat ini seluruh negara termasuk Indonesia sedang berperang dengan gencar-gencarnya menghadapi Covid-19. Dia menegaskan berbagai upaya telah dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia mulai dari menggalakkan 3M dan meningkatkan 3T.

Kemudian mendirikan berbagai rumah sakit Covid-19 yaitu RS Wisma Atlet, RS Khusus Inspeksi di Pulau Galang, RS Lapangan Kogabwilhan di Surabaya, dan beberapa rumah sakit terpadu (Isoter) di berbagai Kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melaksanakan program vaksinasi. 

“Kita sebagai anggota TNI tentunya mempunyai kewajiban untuk membantu tugas dari pemerintah. Di sinilah tugas dari para perwira siswa sekalian, membantu melaksanakan vaksinasi di daerah Tangerang dan Bogor,” ucap Didik.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: