PBNU Nilai Implementasi Sistem Zonasi PPDB Prematur
Artinya, kata Masduki, ibarat standar nasional yang lain kurang memadai, tetapi bila gurunya bermutu, maka sekolahan dan sistem pembelajarannya akan berjalan dengan baik.
”Problem utama dari sistem zonasi ini adalah kondisi guru saat ini yang sudah terlanjur berada di bawah standar mutu dan kondisi ini cukup mewabah secara nasional sehingga kebijakan zonasi ini tidak akan banyak membantu meningkatkan mutu pendidikan nasional,” kata dia.
Menurut Masduki, kebijakan sertifikasi guru yang semula direncanakan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional juga ternyata gagal total karena para guru yang sudah lolos sertifikasi tidak pernah dievaluasi dan diberikan tantangan untuk meningkatkan prestasi. Imbasnya, banyak guru berlomba mengikuti sertifikasi demi meningkatkan kesejahteraan.
”Kebijakan zonasi tanpa diimbangi dengan kebijakan lain untuk peningkatan mutu guru secara masif, termasuk mengevaluasi kembali sistem sertifikasi guru secara nasional, tak akan berbuah banyak untuk meningkatkan mutu pendidikan,” kata dia.
Situasi inilah yang kemudian memunculkan schooling without learning alias terjadi malapraktik pendidikan secara nasional.