Pembelajaran Tatap Muka Harus Cegah Klaster Institusi Pendidikan

Rizal Bomantama ยท Jumat, 27 November 2020 - 19:36:00 WIB
Pembelajaran Tatap Muka Harus Cegah Klaster Institusi Pendidikan
Kegiatan belajar mengajar di Nabire mulai berlangsung tatap muka. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Pembukaan kembali pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19 harus dilakukan dengan mengutamakan pencegahan penularan. Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Adisasmito, hal harus dilakukan untuk mencegah timbulnya klaster baru di lingkungan institusi pendidikan.

"Untuk menghindari potensi klaster baru di lingkungan institusi pendidikan maka kegiatan sekolah tatap muka harus mengikuti ketentuan yang disyaratkan," ucap Wiku saat menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (26/11/2020) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Ketentuan yang dimaksud harus merujuk Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri terkait penyelenggaraan pembelajaran tatap muka. Untuk sekolah atau institusi pendidikan, sebelum diperbolehkan membuka kegiatan belajar mengajar harus memenuhi daftar periksa.

Yaitu, ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan seperti toilet bersih dan layak, sarana cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer dan disinfektan. Selain itu harus mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan menerapkan wajib masker, dan memilki alat pengukur suhu badan atau thermogun.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2