Pemerintah Sebut Kerumunan Acara Habib Rizieq di Luar Prediksi

Riezky Maulana ยท Minggu, 22 November 2020 - 13:29 WIB
Pemerintah Sebut Kerumunan Acara Habib Rizieq di Luar Prediksi

Habib Rizieq menyapa pendukungnya di Simpang Gadog, Bogor, Jumat (13/11/2020) pagi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengaku terkejut dengan jumlah massa yang mendatangi acara Habib Rizieq Shihab di sejumlah tempat. Seperti diketahui acara Habib Rizieq di Petamburan pada 14 November 2020 dan di Bogor pada 13 November 2020 menimbulkan kerumunan massa dalam jumlah besar.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Safrizal ZA mengatakan pemerintah memang sejak awal memprediksi akan terjadi pengumpulan massa pada acara Habib Rizieq. Namun jumlah massa yang hadir di luar prediksi.

"Pengumupulan sebenarnya sudah kami ketahui, tetapi jumlah massa sebesar itu di luar prediksi," ucapnya dalam sebuah webinar, Minggu (22/11/2020).

Dia mengatakan, pemerintah telah melakukan upaya maksimal dalam menanggulangi timbulnya kerumunan. Oleh karenanya, pihaknya masih mencari tahu latar belakang mengapa acara tersebut tetap digelar walaupun sudah banyak imbauan agar tidak melakukan pengumpulan massa.

"Kami telah lakukan langkah-langkah penanganan, tapi ternyata antisipasinya masih juga terjadi kerumunan yang besar. Ini yang kita ingin tahu penyebabnya, sudah diimbau, sudah diberi tahu, di mana miss-nya. Jadi perlu kita cari penyebabnya," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua