Penembakan di Cengkareng, Kompolnas Awasi Proses Hukum Bripka CS

Ari Dwi Satrio · Jumat, 26 Februari 2021 - 04:48:00 WIB
Penembakan di Cengkareng, Kompolnas Awasi Proses Hukum Bripka CS
Polisi mengamankan sejumlah barang bukti dari olah TKP kasus penembakan di kafe kawasan Cengkareng. (Foto: Dok.iNews)

JAKARTA, iNews.id – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) akan mengawasi proses hukum terhadap Bripka CS yang telah menembak mati tiga orang di Cafe RM, Cengkareng, Jakarta Barat. Kompolnas menyesalkan tindakan tersebut dan turut berduka cita pada keluarga korban.

"Kompolnas akan mengawasi proses pemeriksaan kasus ini," ujar Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti saat dihubungi MPI Portal, Jumat (26/2/2021).

Menurutnya, Kompolnas sangat menyesalkan terjadinya penembakan yang dilakukan oknum polisi hingga mengakibatkan hilangnya nyawa 3 orang dan melukai 1 orang tersebut. 

"Respons cepat Kapolda Metro Jaya yang segera meminta maaf atas kejadian ini dan tindakan tegas memproses hukum pelaku adalah langkah yang tepat," tuturnya.

Dia menambahkan, pernyataan Kadiv Propam yang melarang anggota kepolisian menghindari mabuk-mabukan dan tindakan2 tercela lainnya, serta akan menjatuhkan sanksi jika dilanggar merupakan bentuk dari pengawasan agar anggota tetap dapat menjaga nama baik institusi.

Kompolnas juga mendorong Mabes Polri agar Bripka CS dijerat dengan pasal berlapis.

"Kami mendorong proses penegakan hukum terhadap pelaku, melalui penyidikan kasus pidananya dengan menjerat yang bersangkutan dengan pasal-pasal berlapis dan pemeriksaan pelanggaran kode etik," ujar Poengky Indarti.

Menurut dia, bukan hanya harus diproses secara kode etik, pelaku penembakan yang membuat tiga orang meninggal dan satu orang terluka itu juga harus diproses secara hukum pidana. 

Pelaku juga harus diperiksa lebih lanjut apakah saat kejadian, pelaku mengkonsumsi minuman keras dan narkoba ataukah tidak.

Editor : Kastolani Marzuki