Pengamat Militer : Pencopotan Danlanud dan Dansatpom Merauke Sudah Tepat

Carlos Roy Fajarta ยท Jumat, 30 Juli 2021 - 21:50:00 WIB
Pengamat Militer : Pencopotan Danlanud dan Dansatpom Merauke Sudah Tepat
Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati menyebut pencopotan Danlanud dan Dansatpom Johanes Abraham Dimara, Merauke sudah tepat.. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pengamat Militer dan Intelijen Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati menyebut pencopotan Komandan Lanud (Danlanud) dan Komandan Satuan Polisi Militer (Dansatpom) Johanes Abraham Dimara, Merauke sudah tepat. Pencopotan tersebut terkait tindakan kekerasan terhadap warga Merauke. 

"Keputusan Panglima TNI dan Kasau sudah tepat mencopot Danlanud dan dua pelaku," ujar Susaningtyas saat dikonfirmasi MNC Portal, Jumat (30/7/2021).

Dia menyebutkan tindakan yang dilakukan oleh kedua oknum anggota TNI AU ada penyebabnya.

"Tetapi kedepan kita juga harus melihat ada kejadian pasti ada sebab. Agar berkeadilan hal ini juga harus dilihat. Dua prajurit TNI berlaku kasar pasti ada pemicunya," kata Susaningtyas.

Dia berharap agar baik aparat kemanan TNI dan Polri maupun masyarakat sipil harus sama-sama saling menghargai dalam melaksanakan peran dan tugasnya masing-masing.

"Sesungguhnya bila kita sadar sebagai bangsa harus saling menghormati. TNI Polri hormati hak sipil, pun sipil juga hargai peran TNI Polri. Sipilnya juga jangan berperilaku kriminal dan mengganggu ketentraman warga misalnya memalak," kata Susaningtyas.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2