PKS Buka Peluang Dukung Gibran di Pilwakot Solo

Aditya Pratama ยท Kamis, 14 November 2019 - 18:58 WIB
PKS Buka Peluang Dukung Gibran di Pilwakot Solo

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mustafa Kamal di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membuka peluang mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka pada Pilkada Wali Kota (Pilwakot) Solo periode 2020-2025. Meski memberi sinyal, keputusan resminya menunggu pembahasan dengan DPD PKS Solo dan partai lainnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Mustafa Kamal mengatakan, partainya tidak menampik jika sedang melakukan penjajakan untuk mendukung Gibran. PKS, menurut dia, terbuka dengan partai politik atau pihak mana pun yang ingin bekerja sama.

"Ya, saya kira bisa terbuka untuk membangun komunikasi dan koalisi dengan seluruh partai yang di tingkat pusat berada di pemerintahan ataupun di luar pemerintahan. Kita terbuka semuanya," ujarnya di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

Mustafa menuturkan, setiap anak bangsa memiliki hak untuk maju sebagai kepala daerah di mana pun asalkan memiliki kapasitas. "Setiap anak bangsa yang mempunya kapasitas, potensi untuk menjadi pemimpin negeri ini kita akan dorong sepenuhnya dengan satu komitmen kesamaan visi untuk membangun bangsa dan negara," katanya.

Mustafa mengungkapkan, PKS juga akan menerima masukan dari daerah siapa-siapa saja calon yang akan diusung pada Pilkada 2020 mendatang.

"Ya semuanya kita akan gali dari daerah karena kader-kader PKS mempunyai aspirasi mempunyai forum musyawarah untuk mengusulkan kepada DPP dan pada akhirnya kita akan putuskan. Kita akan lihat dari Solo misalnya ada beberapa nama atau dari Boyolali, dari tempat-tempat yang lain ada nama-nama yang lain ya kita akan pertimbangkan di pusat," tuturnya.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan alasan terjun ke dunia politik dengan bergabung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan maju pada Pilwakot Solo 2020. Dia mengaku ingin lebih banyak membantu masyarakat secara ekonomi.

Gibran menceritakan, dengan latar belakang sebagai pengusaha yang memiliki pegawai, wajib baginya menghidupi pegawainya. Belum lagi sebuah perusahaan memiliki tanggung jawab sosial (baca: Corporate Social Responsibility/CSR).

"Ratusan ribuan pegawai kita punya. Ya itu bagus, bisa menghidupi orang banyak dan ketika kita punya perusahaan kita punya dana CSR. Misalnya Rp100-Rp200 juta, Rp1-Rp2 miliar, tapi berapa dari uang itu yang bisa menyentuh masyarakat," kata Gibran di Hotel Balairung, Jakarta Timur, Minggu (10/11/2019).

Dia menilai, dengan mencalonkan diri menjadi wali kota Solo pada 2020, merupakan salah satu cara untuk membantu masyarakat secara ekonomi. Alasannya, akan semakin banyak masyarakat yang tersentuh kesejahteraannya.

"Jadi kalau saya terjun ke politik, otomatis saya bisa menyentuh kurang lebih 600 ribu orang. Jadi itu salah satu alasan saya masuk ke politik," ujarnya.

Editor : Djibril Muhammad