Ini Alasan Gibran Maju di Pilwakot Solo

Irfan Ma'ruf ยท Minggu, 10 November 2019 - 22:41 WIB
Ini Alasan Gibran Maju di Pilwakot Solo

Gibran Rakabuming Raka (kiri) di Hotel Balairung, Jakarta Timur, Minggu (10/11/2019). (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf)

JAKARTA, iNews.id - Gibran Rakabuming Raka buka-bukaan soal alasannya mencalonkan diri di Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Solo 2020. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengaku ingin lebih banyak membantu masyarakat secara ekonomi.

Dia menceritakan, dengan latar belakang sebagai pengusaha yang memiliki pegawai, wajib baginya menghidupi pegawainya. Belum lagi sebuah perusahaan memiliki tanggung jawab sosial (baca: Corporate Social Responsibility/CSR).

"Ratusan ribuan pegawai kita punya. Ya itu bagus, bisa menghidupi orang banyak dan ketika kita punya perusahaan kita punya dana CSR. Misalnya Rp100-Rp200 juta, Rp1-Rp2 miliar, tapi berapa dari uang itu yang bisa menyentuh masyarakat," kata Gibran di Hotel Balairung, Jakarta Timur, Minggu (10/11/2019).

Dia menilai, dengan mencalonkan diri menjadi wali kota Solo pada 2020, merupakan salah satu cara untuk membantu masyarakat secara ekonomi. Alasannya, akan semakin banyak masyarakat yang tersentuh kesejahteraannya.

"Jadi kalau saya terjun ke politik, otomatis saya bisa menyentuh kurang lebih 600 ribu orang. Jadi itu salah satu alasan saya masuk ke politik," ujarnya.

Alasan lainnnya, menurut Gibran, adalah mengubah anggapan politik itu kotor. Sebelumnya Gibran menyatakan tak akan pernah masuk ke politik sehingga dicap antipolitik.

"Ya memang benar. Dulu saya seperti itu, sekarang mungkin karena proses pendewasaan, saya mulai menyadari sebagai anak muda, kita harus mulai mengubah stereotype, mulai mengubah mindset orang-orang bahwa politik itu selalu kotor. Jadi harus kita ubah mindset itu," tuturnya.

Editor : Djibril Muhammad