PKS: Prabowo Ucapkan Selamat ke Jokowi Usai Pengumuman KPU 30 Juni

Wildan Catra Mulia ยท Sabtu, 29 Juni 2019 - 13:16:00 WIB
PKS: Prabowo Ucapkan Selamat ke Jokowi Usai Pengumuman KPU 30 Juni
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Mahkamah Konstitusi (MK) sudah menetapkan hasil sengketa Pilpres 2019 dengan menolak semua dalil yang diberikan kepada pihak pemohon yakni Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. Dengan begitu MK memutuskan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

Namun, hingga saat ini Prabowo belum mengucapkan selamat kepada Jokowi dan Maruf Amin. Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengatakan, Prabowo bakal mengucapkan selamat atas terpilihnya presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 pada waktu yang tepat.

Mengenai kapan waktu tepat itu, dia enggan menjelaskan. "Secara substansial dengan ditolaknya MK, menurut UU Nomor 7 Tahun 2017 ya sudah pemenangnya Jokowi, enggak masalah kalau mau ucapkan selamat kepada Pak Jokowi, tapi mungkin karena satu lain hal, itu akan diucapkan atau disampaikan pada waktu yang tepat," katanya di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (29/6/2019)

Mardani mengatakan, keputusan MK merupakan hal yang tak bisa diganggu gugat dan bersifat final. Dia menyebut, kemungkinan besar Prabowo bakal memberi ucapan atas terpilihnya salah satu paslon setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pemenang pada Pilpres 2019.

"Kompetisi demokrasi ada awal dan akhirnya, ketika putusan MK final dan mengikat oleh MK secara umum akan menetapkan. Mungkin Prabowo akan menunggu penetapan KPU nanti mengucapkan selamat tapi itu kan prosedural," katanya.

Sebelumnya, Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade memastikan mantan danjen Kopassus TNI AD itu akan memberikan ucapan selamat secara langsung kepada Jokowi.

"Kalau ucapan selamat, mungkin nanti lah ya disampaikan Pak Prabowo. Ya mungkin saja disampaikan langsung. Yang pasti kita sudah menghormati putusan MK," kata Andre, kepada wartawan, Jumat, 28 Juni 2019.

Politikus Gerindra itu mengaku dalam waktu dekat ini belum ada rencana pertemuan antara Prabowo dengan Jokowi. Mengingat, ketua umumnya itu harus melakukan komunikasi secara internal terlebih dahulu dengan partai politik koalisi pengusung Prabowo-Sandi.

"Belum. Yang pasti Pak Prabowo komunikasi internal dulu dengan koalisi dan juga pendukungnya," ujar Andre.


Editor : Djibril Muhammad