Polisi Akan Gelar Perkara Dalami Dugaan Unsur Pidana Kasus Ade Armando

Antara ยท Senin, 09 Desember 2019 - 20:35 WIB
Polisi Akan Gelar Perkara Dalami Dugaan Unsur Pidana Kasus Ade Armando

Ade Armando, terlapor kasus Meme Joker Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: iNews.id/ Irfan Maruf).

JAKARTA, iNews.id - Polisi akan menggelar perkara kasus meme Joker Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang melibatkan Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando. Gelar perkara dilakukan untuk menyamakan unsur pidana dengan pasal yang dipersangkakan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, kasus tersebut akan naik ke tingkat penyidikan jika unsur pidana sesuai pasal yang dipersangkakan oleh pelapor. Polisi juga segera menetapkan tersangka dalam kasus tersebut.

"Gelar awal untuk mengetahui masuk enggak unsur-unsur di Pasal 32 UU ITE sesuai persangkaannya," ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Senin (9/12/2019).

Dia tidak mengungkapkan kapan gelar perkara dilakukan. Menurutnya, gelar perkara setelah memeriksa pelapor, terlapor dan para saksi.

"Saksi pelapor sudah dilakukan pemanggilan, pemeriksaan terhadap Ade Armando sudah. Sekarang ini persiapan untuk dilaksanakan gelar perkara," katanya.

Kasus tersebut berawal dari laporan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fahira Idris. Sejumlah barang bukti yang dilampirkan dalam laporan tersebut antara lain, tangkapan layar dari unggahan akun Facebook Ade Armando.

Laporan terdaftar dalam Nomor Laporan LP/7057/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus tertanggal 1 November 2019.

Editor : Kurnia Illahi