Polri Diminta Antisipasi Potensi Gangguan Keamanan dan Terorisme saat Corona

Felldy Utama ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 11:58 WIB
Polri Diminta Antisipasi Potensi Gangguan Keamanan dan Terorisme saat Corona

Ilustrasi, Tim Densus 88 saat menindak jaringan terorisme. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Aparat keamanan diminta mengantisipasi potensi ancaman terorisme, kriminalitas dan konflik sosial di tengah wabah virus corona (Covid-19). Kesibukan pemerintah menangani virus corona bisa menjadi celah munculnya ancaman termasuk gangguan keamanan nasional. 

Pengamat intelijen dan keamanan, Stanislaus Riyanta mengatakan sejumlah penangkapan yang dilakukan oleh Densus-88 menunjukkan adanya gerakan signifikan dari kelompok teroris yang memanfaatkan situasi.

"Tingkat kriminalitas pada masa Covid-19 mengalami kenaikan. Polri menyatakan tingkat kriminalitas meningkat sebesar 19,72 persen selama pandemi corona," ujar Stanislaus dalam acara diskusi publik virtual bertajuk, Implikasi Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Sosial, Ekonomi, Politik, Hukum dan Keamanan, Senin (18/5/2020) malam. 

Dia menuturkan, potensi konflik massa juga bisa terjadi di tengah situasi saat ini. Salah satu contohnya, kata dia upaya provokasi konflik massa oleh kelompok Anarko.

Kelompok itu beraksi di kawasan Tangerang berupa vandalisme yang cenderung provokatif. Tiga pelaku ditangkap aparat di salah satu kafe wilayah Kota Tangerang pada Jumat (10/4/2020). Kemudian 2 orang lagi ditangkap di Bekasi dan Tigaraksa Tangerang. 

"Kelompok Anarko ini menentang kapitalisme dan pemerintah. Selain ini provokasi-provokasi dari kelompok tertentu yang mengarah kepada perlawanan terhadap pemerintah juga terjadi," ucapnya.

Menurutnya, perlu upaya tertentu untuk mencegah munculnya ancaman tersebut. Misalnya secara berjenjang memenuhi kebutuhan dasar seperti sembako terhadap warga yang merasakan dampak kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pencegahan penyebaran virus corona.

Masalah pangan, kata dia sangat sensitif dan jika tidak terpenuhi. "Saat ini aparat keamanan seperti Polri dan TNI sudah melakukan segala upaya untuk memastikan keamanan masyarakat tetap terjamin," katanya.

Editor : Kurnia Illahi