Praktikkan Toleransi Unik Kehidupan Beragama, Kampung Karanggede Bantul Jadi Percontohan Kementerian Agama

Ainun Najib · Minggu, 04 Desember 2022 - 11:18:00 WIB
Praktikkan Toleransi Unik Kehidupan Beragama, Kampung Karanggede Bantul Jadi Percontohan Kementerian Agama
Gang Kampung Karanggede di Pendowoharjo, Sewon, Kabupaten Bantul. Kampung kecil  ini unik karena memiliki empat tempat ibadah yang berbeda. (Foto: MPI/Ainun Najib)

BANTUL, iNews.id – Sekilas bangunan ini tampak seperti rumah tinggal pada umumnya. Jika tidak diamati dengan seksama, orang tak akan tahu jika ini adalah Gereja Pantekosta di Indonesia (GPDI) Pendowoharjo.

Bangunannya menghadap ke selatan tepat di pinggir jalan lingkungan. Ada sebuah selokan besar di depan gereja.

Tanda salib besar di bagian dinding atas dan dinding depanlah yang membedakan bangunan ini dengan sekitarnya. Di teras rumah juga terpasang jadwal ibadah.

Letak gereja ini berada sekitar 30 meter dari masjid di Kampung Karanggede RT 01, Pedukuhan Dagen, Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon. Lantaran jaraknya yang dekat, maka saat ibadah di gereja yang diikuti oleh banyak jemaat akan terdengar dari masjid.

Begitupun sebaliknya, jika di masjid ada pengajian atau saat diadaman Salat Jumat maka suaranya juga bisa terdengar dari gereja ini.

Di belakang dan timur gereja itu ada beberapa rumah. Tepat di belakang gereja yang bangunannya hampir berdempetan, pemilik rumah adalah penganut muslim, begitupun pemilik rumah yang berada di timur masjid.

“Warga sini yang jadi jemaat gereja hanya tiga KK (kepala keluarga) rumahnya agak di belakang itu,” ujar Pdt Zefanya Kristianto Wijayadi kepada jurnalis MNC Portal, Selasa (29/11/2022).

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda