Saat Polisi Penyekat Mudik Tidur Beralaskan Koran di Pinggir Jalan

Carlos Roy Fajarta ยท Rabu, 19 Mei 2021 - 08:50:00 WIB
Saat Polisi Penyekat Mudik Tidur Beralaskan Koran di Pinggir Jalan
Akun TMC Polda Metro Jaya mendokumentasikan pengorbanan polisi penyekat mudik untuk mencegah penularan covid-19 di daerah. (Foto: TMC Polda Metro Jaya)

JAKARTA, iNews.id - Personel Polri menjadi salah satu garda terdepan untuk memastikan kebijakan larangan mudik dipatuhi masyarakat saat Idulfitri 1442 Hijriah, 6-24 Mei 2021. Bahkan mereka harus bekerja dan siaga 24 jam di lapangan, jauh dari sanak keluarga.

Perjuangan para petugas kepolisian itu diunggah akun media sosial TMC Polda Metro Jaya pada Rabu (19/5/2021) dalam bentuk video berdurasi sekitar satu menit 28 detik. Meskipun wajah-wajah mereka tampak lelah memeriksa dan mengatur pemudik, mereka tetap bertugas demi mencegah penularan covid-19 di masyarakat.

Tak hanya menyekat pemudik, personel kepolisian juga disiagakan di lokasi wisata. Tujuannya agar objek wisata tidak membeludak oleh pengunjung.

Hingga tengah malam mereka bertugas, terkadang mereka mengobati rasa rindu mereka kepada keluarga saat istirahat sejenak bergantian dengan rekan yang lain. Mereka hanya bisa melihat wajah orang tercinta dari layar smartphone ketika melakukan video call.

Logistik konsumsi berupa nasi bungkus yang tidak mewah tetap mereka lahap penuh rasa syukur agar bisa menjalankan tugas. Hal itu dilakukan setidaknya bisa menjaga agar perut mereka tetap terisi dan bertenaga bahkan di tengah malam.

Di tengah hujan maupun panas terik mereka tetap mengatur papan petunjuk, barikade, dan cone di area penyekatan mereka lakukan agar para pengguna jalan dapat mengetahui penyekatan di titik-titik yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Tak jarang mereka juga tertidur di sisi bahu jalan di sekitar titik penyekatan dengan alas seadanya seperti koran dan bermandikan cahaya bulan.

Pengorbanan itu terkadang tak sesuai dengan perlakuan dari masyarakat. Beberapa waktu terakhir di masa penyekatan di objek wisata saat libur Idulfitri 2021, viral sejumlah warga yang menggunakan mobil pribadi memaki-maki anggota kepolisian yang sedang bertugas melakukan penyekatan dan putar balik. 

Hal itu dilakukan petugas dengan terpaksa karena objek wisata sudah penuh untuk mencegah kerumunan dan penularan covid-19.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2