Salah Tingkah Dicecar soal Reshuffle, Terawan pun Keliru Masuk Ruangan

Kiswondari, Sindonews ยท Senin, 29 Juni 2020 - 21:46 WIB
Salah Tingkah Dicecar soal Reshuffle, Terawan pun Keliru Masuk Ruangan

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Foto: Koran SINDO).

JAKARTA, iNews.id – Kejadian tak biasa dialami Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Gara-gara dicecar wartawan soal sinyal perombakan (reshuffle) kabinet, mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto ini sampai salah masuk ruangan ketika hendak meninggalkan Gedung DPR.

Peristiwa ini terjadi pada Senin (29/6/2020) petang. Menkes yang hadir di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta menjadi magnet lantaran sebelumnya “disentil” Presiden Joko Widodo mengenai pencairan anggaran Covid-19 yang dianggap lambat.

Dalam video yang diunggah akun Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi bahkan sampai memberikan sinyal bakal melakukan reshuffle jika kementerian atau lembaga masih menganggap krisis saat ini biasa-biasa saja. Tak urung nama Terawan pun dianggap sebagai figur yang terancam jika ada perombakan.

Terawan mengikuti Raker dengan Komisi IX DPR di Gedung Nusantara I. Rapat itu mengagendakan pembahasan anggaran Kementerian Kesehatan untuk 2021.

Rapat tertutup yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB itu ditunggu oleh belasan awak media. Mereka menunggu doorstop Terawan di depan dan belakang ruang rapat Komisi IX. Ketika itu Terawan telah berada di dalam ruangan.

Raker sempat diskors sekitar pukul 16.30 WIB. Namun harapan wartawan untuk mendapatkan pernyataan Terawan pupus. Dia memilih tetap tinggal di ruang rapat sampai raker dimulai kembali pukul 17.30 WIB. Padahal, sejumlah anggota Komisi IX DPR lalu lalang keluar dan masuk ruangan tersebut selama rapat diskors.

Raker pun berakhir pukul 18.15 WIB. Seakan menghindari wartawan, Terawan tampak keluar lewat pintu belakang ruang rapat yang menghubungkan langsung dengan lorong menuju tangga ke lantai dasdar gedung. Saat disapa oleh sejumlah media, Terawan tampak salah tingkah.

“Eh, saya mau itu dulu,” ujar Terawan membalas sapaan wartawan, seraya terburu-buru, Senin (29/6/2020) petang.

Saat ditanya soal Presiden Jokowi yang marah, termasuk mengenai minimnya penggunaan anggaran penanganan Covid-19 untuk Kemenkes senilai Rp75 triliun, Terawan hanya diam sembari terus berjalan.

Purnawirawan jenderal bintang dua itu berkali-kali melambaikan tangan. Lalu, dia berlari menuju pintu dan bergegas naik tangga. Tetapi, para ajudannya meneriaki dan memberitahu bahwa dia salah masuk ruangan.

“Pak izin, Pak. Bukan ke situ, Pak. Lewat sini,” kata para ajudan.

Terawan pun berbalik, kemudian menuju lantai dasar dan langsung memasuki mobil dinasnya yang sudah siap tancap gas.

Editor : Zen Teguh