Sandi Curhat Habis Rp1 Triliun saat Dampingi Anies dan Prabowo, Menyesal?

Riezky Maulana ยท Kamis, 22 Oktober 2020 - 19:07:00 WIB
Sandi Curhat Habis Rp1 Triliun saat Dampingi Anies dan Prabowo, Menyesal?
Sandiaga Uno (kanan) mendampingi Prabowo Subianto bersiap mengikuti debat capres-cawapres pada Pilpres 2019 lalu. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Politikus Partai Gerindra Sandiaga Uno mengakui banyak keluar ongkos saat memutuskan maju di kontestasi pilkada maupun pilpres. Tak tanggung-tanggung, nilainya sampai Rp1 triliun!.

Cerita Sandi itu dibagikannya saat berbincang dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Dia menuturkan, ongkos berpolitik di Indonesia dapat dibilang tidak murah.

Ketika maju di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 sebagai cawagub mendampingi Anies Baswedan, Sandi menyebut biaya politik yang harus dikeluarkannya mencapai Rp300 miliar. Ketika terpilih dan akhirnya memutuskan mundur sebagai wagub DKI karena maju Pilpres 2019 mendampingi Prabowo Subianto, ongkos politik itu makin meroket.

"Waktu di pilpres habis 600, ya sekitar 600 (Rp600 miliar). Waktu pilgub habis 300 (Rp300 miliar). Total sekitar Rp1 T (triliun)-lah ya. Politik itu mahal," kata Sandi, kemudian tertawa lebar. Pengakuan ini muncul dalam tayangan podcast di channel Youtube Bamsoet, dikutip Kamis (22/10/2020).

Dengan ongkos yang demikian besar, Bamsoet pun penasaran. Politikus Partai Golkar tersebut menanyakan bagaimana Sandi menyikapi realita itu. Sebab faktanya, pasangan Prabowo-Sandi gagal meraih kemenangan di Pilpres 2019. Menyesalkah?


Editor : Zen Teguh